banner 728x250

Meriahkan HUT RI Ke-74, IKAPALAM SMA 50 JAKARTA Gelar Aksi Donor Darah

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, Kicaunews.com – Ikatan Alumni Pelajar Lima Puluh Cinta Alam (IKAPALAM) SMAN 50 Jakarta kembali menggelar kegiatan donor darah Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 74 Tahun dan Hari Ulang Tahun Organisasi PELITA ALAM SMAN 50 Jakarta ke 35 Tahun. Aksi sosial ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan SMAN 50 Jakarta, Sabtu (14/09/2019).

Selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur. Acara donor darah yang merupakan agenda rutin yang diadakan oleh IKAPALAM tiap tahunannya.

banner 336x280

Dalam sambutannya Ketua IKA PALAM Rakean Bagus, mengatakan Mendonorkan darah juga berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung.

“Saat sumsum tulang panjang memproduksi sel darah, bukan hanya sel darah merah yang dibuat, tapi juga semua sel darah berserta komponennya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 50 Jakarta Leonardi Maisa, mengatakan mendukung kegiatan acara donor darah pada kegiatan ini mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik dari alumni dan untuk siswa yang hadir.

“Ini sangat membantu proses pembelajaran dalam hal kegiatan sosial. Donor darah adalah bentuk keprihatinan kita semuanya atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI,”terangnya

Mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya.

Menurut Budi Sufiana, selaku Pendiri organisasi PALAM 50 Jakarta yang turut hadir acara tersebut.

Baca juga :  Antisipasi Longsor Susulan, Brimob Jabar Bersama Masyarakat Membuat Tanggul Penahan Longsor Susulan

Ditempat yang sama Ketua OSIS Alfian Adi Prianto bersama dengan Ketua PMR Miranda Putri Gunawan yang turnt hadir pada saat acara berlangsung berpendapat bahwa antusias siswa/i SMAN 50 Jakarta.

“Dalam kegiatan acara donor darah memberikan kesadaran akan peduli kepada sesama manusia dan juga membangun hubungan silaturahmi yang baik antara siswa dengan para alumni SMAN 50 Jakarta diantaranya nya organisasi IKA SMAN 50 Jakarta dan IKAPALAM 50 Jakarta,”paparnya

Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerja sama PMI Kota Jakarta Timur dengan sejumlah beberapa pihak dengan diantaranya PMI Jakarta Timur dengan pihak sekolah SMAN 50 Jakarta, IKAPALAM SMAN 50 Jakarta, IKA SMAN 50, OSIS SMAN 50 Jakarta, PMR SMAN 50 Jakarta.

Dan Kegiatan ini dihadiri sebanyak 100 pendonor darah dari berbagai perwakilan alumni, siswa, guru dan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan SMAN 50 Jakarta. (AW)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *