oleh

MT Guru Salmaa (MTGS) Gelar Peringatan 10 Muharram Dengan Menyantuni Anak Yatim

JAKARTA, Kicaunews.com – Hari Asyura atau 10 Muharram di kenal juga dengan lebaran nya anak yatim,Majelis Ta’lim Guru Salmaa ( MTGS )  yang berlokasi di Jl Raya Cipinang besar, kel Cipinang besar selatan, Jatinegara, Jakarta Timur,Rabu 11 Muharram 1441 H / (11 September 2019 M mengadakan santunan anak yatim.

Acara di mulai dengan pembacaan Yasin, tahlil, pembacaan ratib. Serta Ta’lim buka kitab Nashaihul Ibad oleh Kyai Nur Ali Kasyful Anwar atau lebih di kenal dengan Kyai Montoq.

Setelah pembacaan serta kajian kitab Nashaihul ibad, anak anak yatim di panggil oleh Ust Ghani, anak yatim pun duduk ber shaf menunggu panggilan untuk di bagikan santunan.

Sebanyak 30 anak yatim, Alhamdulilah telah kami santuni, kata Kyai Montoq selaku ketua MT Guru Salmaa semoga di tahun depan, kami bisa menambah jumlah anak yatim ini.

Kyai Montoq berikan tausiah nya, berikut isi tausiah beliau : Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Makna hadits ini: orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar.

Baca juga :  Sambangi DPD, Asosiasi Wartawan Korea di Sambut Baik OSO

Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak itu mencapai usia dewasa,semoga kita bisa istiqomah menyantuni anak yatim.

Dan untuk informasi, MT Guru Salmaa ini telah ada sejak tahun 1978,Guru yang mengajar Buya KH Abdurahman Nawi,  dan sekarang yang mengajar Kyai Nur Ali Kasyful Anwar atau di kenal Kyai Montoq,Majelis Ta’lim Guru Salmaa ( MTGS)  telah terdaftar di Kementrian Agama Jakarta Timur. Talim di Majelis ini setiap hari rabu pagi di mulai pukul 08.30- 10.00.

Hadir dalam acara santunan ini, Ust Ahmad Yani, Ust Ir Latief, Ust Thamrin,Ust Setiawan, Ust Anugrah Widhy dan banyak lagi ust dan ustadzah  yang hadir sehingga menambah keberkahan acara ini. Setelah acara santunan, jamaah pun di suguhi teh, kue kue khas betawi. (A W)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru