oleh

Inpsektorat Kabupaten Semarang Diduga Tertutup Ungkap Pengaduan Dugaan Kasus Korupsi

Semarang, Kicaunews.com – Inspektorat instansi pengawasan internal pemerintahan, di mana instansi ini mengawasi jika ada penyimpangan yang ada di internal semua pemerintahan tersebut.

Anehnya ltwil Kabupaten Semarang saat di konfirmasi adanya dugaan penyimpangan dari laporan masyarakat terkesan tertutup.

Padahal Undang Undang Keterbukaan Publik No. 14 tahun 2008 semua kegiatan yang menyangkut anggaran dan kinerja pemerintahan harus di publikasikan, agar masyarakat luas bisa tahu.

Tapi dengan dalih PP no 12/2017 Pedoman Pengawasan pemerintahan Daerah, Inspektorat Kabupaten Semarang enggan ungkap temuan maupun pengaduan masyarakat.

Padahal di Pasal 2 PP No. 12/2017 tidak tercantum bahasa yang tidak memperbolehkan setiap temuannmaupun pengaduan untyk tidak di ekspos ke kalayak umum yaitu (1) Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara nasional dikoordinasikan oleh Menteri. (2) Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara efisien dan efektif untuk meningkatkan kapasitas daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan urusan pemerintahan konkuren sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Saat wartawan menanyakan kasus yang sudah di tangani pihak Inspektorat, mengungkapkan Kami tidak bisa mengatakan pada wartawan untuk konsumsi publik.

“Setiap pengaduan atau temuan dugaan kasua korupsi yang menyangkut instansi terkait” ujar Sumardjito kepala Inspektorat Kabupaten di ruang kerjanya. Rabu (11/9/2019).

Sumardjito menambahkan kalau instansinya hanya menangani kasus internal saja jadi tidak bisa kami membeberkan pada wartawan, hanya bisa pada bupati saja. Pungkasnya. (Viosari/tim)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru