oleh

BPBD Kota Tangerang Bentuk Kampung Tangguh Bencana

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan akan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang membentuk Kampung Tangguh Bencana.

Kabid Pencegahan dan Penaggulangan Bencana BPBD Kota Tangerang, Bisri Amirudin menjelaskan, bahwa tujuan dari program ini untuk membentuk kampung mandiri, agar dapat cepat memulihkan kembali dampak dari bencana tersebut.

“Kampung Tanggap Bencana adalah Kampung yang memiliki kemandirian dalam menghadapi sebuah resiko bencana dan mampu dengan cepat memulihkan situasi pasca bencana,” terang Bisri, Rabu (11/9/2019).

Bisri menambahkan, sasaran dari program tersebut adalah area yang memiliki tingakat resiko bencana tinggi, kepadatan penduduk dan aksebilitas sumber daya alam yang rendah.

“Kami melihat dari area yang memiliki resiko bencana tinggi. Juga tingkat kepadatan penduduknya dan aksebilitas sumber daya alamnya redah,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, program Kampung Tangguh Bencana akan diprioritaskan, guna mengurangi resiko bencana pada tingkat kelurahan, dengan melibatkan LSM, Ormas, swasta dan pihak-pihak lain.

Bahkan, lanjut dia, pada tahun ini pihaknya telah mempersiapkan pada lima kelurahan, seperti Kelurahan Panunggangan Barat, Nambo Jaya, Selapajang Jaya dan Cikokol.

“Program yang sudah dilakukan seperti pendidikan dan pelatihan di tingkat RT, RW, PKK, arisan, kegiatan pemuda. Bahkan bila perlu mengintegrasi pengetahuan masuk dalam kurikulum mata pelajaran wajib di sekolah,” tandasnya. (aput)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru