oleh

DPR Minta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Guru di Pedalaman

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian meminta pemerintah lebih memperatikan kesejahtraan tenaga pendidik (guru) yang berada di daerah pedalaman.

Hal itu dikatakan, Hetifah saat rapat Komisi X dengan jajaran pejabat eselon I Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, di Gedung DPR, Kamis (5/9/2019) kemarin.

“Keluhan mereka (guru, red) yang utama itu biasanya tempat tinggal. Di daerah-daerah pedalaman seperti Mahakam Ulu itu harusnya disediakan seperti mess,” ujar legislator asal Kalimantan Timur itu.

Selain itu, Hetifah juga menyinggung program zonasi guru yang diterapkan pemerintah. Menurutnya, pemerintah perlu melakukan redistribusi untuk pemerataan sebaran guru. Ia menyontohkan distribusi guru yang dilakukan Pemkot Balikpapan.

“Di Kaltim ada satu kota yaitu Balikpapan yang cukup sukses sekali menjalankan program itu. Tahun ini mereka sudah memindahkan 50 lebih guru. Ini mungkin bisa menjadi trik dan contoh atau semacam best practice bagi yang lain,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBN) 2020, Pemerintah mengalokasikan dana pendidikan sebesar Rp505,75 triliun. Adapun Kemendikbud mendapat alokasi anggaran sebesar Rp35,7 triliun. (*/04)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru