oleh

Bamus Betawi Gelar Seminar Wirausaha

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Wirausaha merupakan sebuah upaya kemandirian ekonomi yang berbasis rumah tangga dan merupakan bagian utama dari ekonomi kerakyatan. Terlebih bagi komunitas Betawi yang merupakan masyarakat inti ibukota Jakarta.

Karena dengan wirausaha yang dilakukan oleh basis tiap rumah tangga atau keluarga Betawi maka akan dapat mengangkat  harkat dan martabat perekonomian orang Betawi.

Hal ini yang menjadi pembahasan umum dalam Seminar Wirausaha Orang Betawi yang diselenggarakan oleh Bamus Betawi di hotel Lynt, Cideng Jakarta pusat pada 1 September 2019.

“Basis ekonomi masyarakat Betawi itu adalah usaha dibidang agraris di masa lalu, yang seiring perkembangan zaman bergeser menjadi usaha di bidang jasa. Usaha Kontrak Rumah, Buka Sanggar seni-budaya, itu adalah jualan jasa. Pun termasuk Jualan Nasi uduk, kerak telor, dodol dan lain-lain sebagai usaha di bidang kuliner,” kata Erwin H. Al-Jakartaty, Wadan Konas Menwa Indonesia yang merupakan salah satu pembicara.

Seminar itu sendiri diselenggarakan oleh Bamus Betawi bekerja sama dengan Dinas UMKM DKI Jakarta yg didukung pula oleh Bank DKI.

Dengan tujuan untuk membuka dan menambah wawasan wirausaha yang selama ini dalam skala mikro, kecil dan menengah sudah dilakukan oleh masyarakat Betawi. Baik yang dilakukan secara turun temurun maupun membuka bidang usaha baru.

Bamus Betawi sebagai wadah berhimpun organisasi-organisasi masyarakat Betawi sangat tepat mengadakan seminar ini. Dengan mengundang perwakilan organisasi – organisasi Betawi sebagai peserta.

Ketua Panitia Seminar Wirausaha Masyarakat Betawi ini, Firman Toekan menjelaskan bahwa seminar sehari ini dibagi dua sesi.

Sesi pertama menghadirinya Medika Pahala dari Bank DKI, Ibu Mona perwakilan Dinas UMKM DKI Jakarta, Erwin H. Al-Jakartaty tokoh muda Betawi yang pernah menjadi juri seleksi pemuda pelopor bidang wirausaha tingkat nasional yang diselenggarakan Kemenpora dan H. Munir Arsyad, tokoh Betawi yang juga pengusaha pemerahan Susu Sapi.

Sesi pertama ini dipandu oleh Nur Hasanudin, pengurus Bamus Betawi yang juga Ketua DPD KNPI Jakarta Utara sebagai moderator.

“Kami membagi Seminar sehari tentang Wirausaha ini dalam dua sesi, masing-masing sesi terdiri dari 4 narasumber yang cukup kapabilitasnya terkait tema,” kata Firman menjelaskan kegiatan tersebut.

Seminar itu sendiri berlangsung cukup meriah dan dibuka  dengan pertunjukan Tari Betawi kreasi modern.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 an peserta itu di tutup setelah diakhirinya sesi kedua.

Dalam sesi kedua ini hadir pembicara-pembicara seperti MS. Zen Al-Hadad (pengusaha dodol Betawi), Dr. Erarawan Sunandar (Pengamat Ekonomi yang juga pengurus Bamus Betawi), dan pengusaha Waralaba Didi Sukidi dengan dipandu oleh Taufik Hidayat (pengurus Bamus Betawi sebagai Moderator.

Hadir pula dalam Seminar itu beberapa tokoh masyarakat Betawi yg merupakan pimpinan teras Bamus Betawi seperti Sekjen Bamus Syarif Hidayatulloh, juga Rachmat HS dan Aditya, para Wakil Ketua Umum Bamus Betawi. Mereka mewakili Ketua Umum Bamus Betawi H. Lulung yang berhalangan hadir.(Red/Rilis)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru