banner 728x250

Koperasi Bebas Riba Dilouncing, Saat Perayaan HUT RI ke-74 di RW 019 Perum Graha Harapan Mustikajaya

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Antusias warga RW 019 di Perumahan Graha Harapan Mustikajaya dalam merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia menambah semaraknya acara syukuran sekaligus louncing pendirian koperasi simpan pinjam Harapan Sejahtera yang bebas riba sebagai program baru bagi warga setempat, Sabtu (31/8/2019).

Selain dipenuhi warga dan tamu undangan dari Pemerintahan Kota Bekasi dihadiri Lurah Mustikajaya M.Faried Wajdi, Kecamatan Mustikajaya diwakili Iman dan tiga anggota DPRD dari PKS Alimudin,  Agus Rohadi dari PAN serta Haeri Parani dari Partai Demokrat makin menyemarakan perayaaan HUT RI ke 74 ini.

banner 336x280

Acara yang diprakarsai oleh pemuda pemudi Karang Taruna ini terasa sekali nuasa keanekaragaman adat,  budaya dan agama sebagai simbolis Bhineka Tunggal Ika di lingkungan RW 019 yang terlihat harmonis.

Berbagai seni tari, nyanyian dan musik dibawakan oleh semua warga dari mulai anak, remaja dan orang tua ikut memyemarakan acara tahunan ini dengan penuh semangat dan kekeluargaan.

Ketua RW 019 Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Jumiran perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia kali ini diharapkan mampu menjadi wadah silaturahmi antar warga dan perangkat daerah untuk lebih menghargai arti kemerdekaan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan dan usaha yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan  negara.

“Kita mengadakan perayaan kemerdekaan atau HUT RI Ke 74 sebagai bentuk penghargàan bagi jasa para pahlawan karena tanpa mereka dan perjuangannya, tidak mungkin menikmati kemerdekaan dan kita jaga keutuhan NKRI, untuk itu kita rayakan semeriah mungkin,” ucap Jumiran.

Sementara menurut Ketua Umum Koperasi Simpan Pinjam Harapan Sejahtera, H Syarif Hidayat mengatakan momen perayaan HUT RI sengaja dibarengi dengan louncing pendirian koperasi Harapan Sejahtera untuk menambah semaraknya acara dan sebagai momen yang tepat disaat semua warga dan tokoh masyarakat hadir.

Baca juga :  Beragam Cara Dilakukan Cegah Covid 19, Polsek Ciamis Bersama Koramil 1301 Melaksanakan Operasi Yustisi

Alasan terbentuknya koperasi simpan pinjam bebas riba di RW 019 menurut H. Syarif Hidayat sebagai bentuk keprihatinan makin maraknya pinjaman uang berkedok rentenir yang membebani warga dan kepedulian pengurus RW untuk mencoba membantu warga yang kesulitan modal usaha.

“Untuk itu kami terinspirasi untuk mendirikan koperasi simpan pinjam tanpa riba. Bagi warga yang pinjam dana hanya dimintai infaq seikhlasnya bebas berapapun besarnya sesuai kemampuan warga saja,” beber H.Syarif.

Pinjam uang untuk modal usaha dengan bunga riba selain bertentangan dengan hukum Islam juga sangat membebani warga.

“Dulu namanya bank keliling dan sekarang banyak juga pinjaman kredit online. Semoga dengan adanya simpan pinjam bebas riba ini bisa membantu dan bermanfaat  bagi warga yang memerlukan dana seperti untuk usaha atau pendidikan,”kata Rini Ketua Simpan Pinjam.

Program mendirikan koperasi harapan sejahtera kata H.Syarif diharapkan mampu mensejahterakan warga dan anggotanya. Sesuai motto Koperasi Harapan Sejahtera, Maju koperasinya, Bahagia dan Sejahtera anggotanya.

Selain program koperasi  kata Ketua RW 019, Jumiran ada program lain yang menjadi unggulan yaitu bank sampah dan pembibitan dan budidaya tanaman jahe merah secara hidroponik.

“Sampah rumah tangga di daur ulang menjadi aneka macam kerajinan dan budidaya tanaman jahe merah ditanam di pot hidroponik di setiap rumah yang nantinya bisa menambah ekonomi keluarga,” pungkas Jumiran optimis. (sofie)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *