oleh

Hukum bagi Pencemaran Nama Baik Secara Lisan

Indramayu, Kicaunews.com – Pencemaran nama baik itu tindakan menyerang kehormatan dan nama baik seseorang. Pencemaran nama baik disebut juga penghinaan. Akibat tindakan itu korban merasa malu.

Dalam Kitab Undang- Undang Hukum Pidana (KUHP) pencemaran nama baik secara lisan atau penghinaan ini diatur di dalam Pasal 310 ayat (1) yang berbunyi :

“Barangsiapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduh sesuatu hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”

Agar bisa dituntut dengan Pasal ini maka penghinaan harus dilakukan dengan cara menuduh seseorang telah melakukan perbuatan tertentu dengan maksud agar tuduhan itu tersiar atau diketahui oleh orang banyak. Kata Toni, SH pengacara muda ini mencontoh kan, Sabtu (31/08/2109)

Menuduh seorang Wartawan suka minta- minta uang ke pejabat atau narasumber. Tuduhannya dilakukan secara lisan di hadapan beberapa orang, padahal Wartawan itu tidak pernah melakukan perbuatan meminta- minta uang, apalagi yang menuduh itu tidak mempunyai bukti.

Karena tuduhan itu dilakukan di depan orang banyak dan korban merasa malu maka pelaku bisa dilaporkan ke Polisi atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik atau penghinaan sebagaimana diatur dalam Pasal 310 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 9 bulan. (MT jahol)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru