oleh

TAHAPAN ORANG MENUNTUT ILMU ATAU BELAJAR AGAMATAHAPAN ORANG MENUNTUT ILMU ATAU BELAJAR AGAMA

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Sahabat Rasulullah Umar Bin Khatab ra, pernah mengungkapkan bahwa orang yang mempelajari ilmu itu akan melewati tiga tahapan. Memasuki tahapan yang pertama biasanya dia akan sombong. Melanjutkan ke tahapan kedua dia akan merasa rendah hati dan ketika telah sampai pada tahapan yang ketiga maka dia akan merasa dirinya tidak ada apa apanya..

Memaknai ungkapan dari amirul mukminin diatas dapat difahami bahwa biasanya orang yang masih baru belajar, dia akan sombong. Karena dia merasa dia sudah berada pada posisi yang paling mulia, sementara orang lain yang mungkin belum belajar ilmu itu lebih rendah dari pada dia. Padahal, mungkin kondisinya dialah yang masih banyak kekurangan dan jahil (bodoh).

Ketika seseorang masuk ke tahapan kedua, maka dia akan merasa masih banyak hal yang belum dia ketahui dan itu membuat dia lebih tawadu’. Seperti padi, semakin memiliki ilmu, semakin merunduk. Tahapan ini lebih meningkat dari tahapan pertama tadi. Di hatinya tak ada lagi rasa sombong, bahkan dia lebih merendahkan hatinya terhadap orang lain.

Masuk ke tahapan terakhir, yaitu tahapan ketiga. Tahapan dimana seseorang yang semakin berilmu dia semakin merasa tidak ada apa-apanya, semakin merasa kecil. Karena di tahap ini dia merasa ilmu itu seperti lautan yang begitu luas. Ketika dia mendapat satu ilmu, maka di dalam dirinya akan merasa kurang, dia haus akan ilmu, dan bahkan mengabdikan seluruh hidupnya untuk terus belajar dan belajar meraih ilmu sebanyak-banyaknya.

Sudah sampai di tahap manakah ilmu kita? Semoga kita bisa sampai di tahap yang paling baik. Dimana tak pernah lagi ada kesombongan dari ilmu yang kita miliki.

Baca juga :  Biografi Guru Marzuki

Oleh : Samtidar Effendy Tomagola

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru