banner 728x250

Pemdes Tanjungjaya Kec Cisaga Wujudkan Pembangunan Dengan Merata

  • Bagikan
banner 468x60

CIAMIS, Kicaunews.com – Berdasarkan hasil Musrembang Desa dan musyawarah antar masyarakat beserta tokoh masyarakat bahwa pengelolaan anggaran yang di gelontorkan pemerintah yang bersumber dari APBN Tahun 2019 di Wilayah Pemdes Tanjungjaya sudah di alokasikan ke beberapa titik ke setiap dusun.

Dijelaskannya menurut Sudin Sohidin Kaur Ekbang Pemdes Tanjungjaya, untuk melaksanakan pembangunan di daerah yang ada di wilayah Desa Tanjungjaya agar terjalin kinerja yang maksimal kita terus menjalin komunikasi yang baik antar masyarakat serta lembaga desa, jelasnya.

banner 336x280

Salah satunya pembangunan Peningkatan Jalan Cibuluh – Sidamulya Desa Tanjungjaya dan Pembangunan Sarana Prasarana Jalan (Platdeker, TPT Drainase Dusun Tenjolaya dan dusun Sukajaya).

Menurut Sudin Sohidin Kaur Ekbang Pemdes Tanjungjaya Peningkatan Jalan Cibuluh- Sidamulya sepanjang 984 meter (Rabat Beton dan Labur Aspal) yang terbagi dalam dua tahap anggaran Dana Desa Tahap I spanjang 384 m dengan anggaran Rp 134.755.000 dan Dana Desa Taap II sepanjang 600 m dengan anggaran sebesar Rp. 213.376.000, tuturnya.

Dalam Pelaksanaan realisasi anggaran DD tahap I telah selesai dilaksanakan pada semester I tahun angaran berjalan, adapun pelaksanaan realisasi anggaran DD tahap II Desa Tanjungjaya diharapkan dapat diselesaikan paling lambat pada triwulan III tahun anggaran, tambahnya.

Masih kata Sudin Sohidin, Pembangunan sarana prasarana jalan terdiri dari pembangunan tiga unit platdeker yang tersebar di jalan Cibuluh – Sidamulya dengan total anggaran DD tahap I Rp. 30.336.000,- dan pembangunan TPT Drainase RW. 001 Dusun Tenjolaya dengan angaran DD tahap II Rp. 102.287.000,- juga TPT Drainase RW. 010 Dusun Sukajaya dengan anggaran DD tahap II Rp. 24.399.000, katanya.

Dalam melaksanakan percepatan pembangunan Pemerintah Desa Tanjungjaya melakukan sinergitas dengan melakukan pengelolaan dan penggalian potensi SDM dan mengoptimakan potensi sekala lokal desa yang ada dengan harapan dengan adanya percepatan pembangunan melalui DD tahun 2019 dapat menjadi stimulasi peningkatan kualitas pembangunan yang berdampak luas terhadap masyarakat (multyplayer effect).

Baca juga :  Sambang Unit Reskrim Polsek Rawamerta

Hal tersebut telah dibutikan oleh Pemerintah Desa Tanjungjaya dengan melakukan sinergitas dan konsolidasi dengan Lembaga Pemerintahan (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaan sehingga Pemerintah Desa Tanjungjaya dapat melakuan Pembangunan secara maksimal baik secara kualitas maupun kuantitas tutur Kaur Ekbang.

Menurutnya dengan melibatkan 100% peranserta masyarakat lokal desa secara terukur dan terbuka. Percepatan pembangunan yang dilakukan merupakan penjabaran amanat RPJM Desa Tanjungjaya tahun 2016-2022 yang tertuang dalam RKP tahun 2019 dengan harapan dapat melaksanakan Pembangunan Kebutuhan Dasar Masyarakat, Peningkatan Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan bisa lebih baik terang Sudin.

Mengenai pembangunan di wilayah Pemdes Tanjung jaya tahun 2019 ini sudah terlaksana dengan baik, karena semua itu sebagai sarana pendukung untuk kemajuan masyarakat, dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi bisa lebih baik dan meningkat, ujarnya.

Adapun mengenai pemberdayaan tahun 2019 ini menurut Sudin memaparkan ,pemberdayaan di alokasikan ke berbagai kegiatan yaitu, pelatihan pengurus Bumdes,sosialisasi kesadaran hukum. Pelatihan sosialisi para peternak,& regulasi,pengembangan Holtikutura tanaman kangkung, sosialisasi kebijakan kependudukan (Gisa), honor Guru Ngaji, Honor kader dasa wisma untuk 44 orang, pemberian makanan tambahan dan insentif Kader Yandu,pengadaan ternak juga pengadaan kandang, ucapnya.

“Disamping itu pula Pemdes Tanjungjaya di bawah kepemimpinan Dede sadwa kepala Desa Tanjungjaya Ia berharap dengan diterapkannya dan di alokasikan semua anggaran yang di gulirkan pemerintah, pembangunan yang ada di desa khususnya di Desa Tanjungjaya bisa terwujud dan terlaksana dengan baik”, terang dia.

Mengenai pembangunan yang sudah selesai di kerjakan agar bisa menunjang dan memperbaiki tarap hidup perekonomian, pungkasnya.

Kontributor : Yayat

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *