oleh

Pemdes Cibogo Kabupaten Pangandaran Adakan Deklarasi Open Defecation Free

Pangandaran, Kicaunews.com – Dalam upaya mencapai sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang, kabupaten Pangandaran menyelenggarakan Deklarasi Desa Open defecation Free (ODF) yang dilaksankaan di Aula Desa Cibogo, Selasa (27/08/2019).

Deklarasi ODF merupakan pernyataan Desa, yang mana desa tersebut telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat. Setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya, Desa Cibogo merupakan Desa pertama di Kabupaten Kecamatan Padaherang yang mendeklarasikan desanya sebagai Desa ODF.

Adapun yang hadir dalam acara ini antara lain unsur Kepala Bidang Kesehatan masyarakat, perangkat Camat Padaherang, Kapolsek Padaherang, Danramil Padaherang, perangkat Desa Cibogo, Ketua Forum Komunikasi Kecamatan padaherang, PKK Desa Cibogo, serta masyarakat yang ikut menyaksikan deklarasi tersebut.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Cibogo Karsim, yang berkomitmen untuk tetap akan menghimbau kepada masyarakat dengan memberikan penyuluhan untuk selalu bergaya hidup sehat salah satunya dengan tidak membuang air besar sembarangan.

Selain itu Kepala Desa Cibogo Karim, mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh tamu undangan juga tiem, tentunya dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari puskesmas Padaherang.

Karsim menambahkan, ODF ini sudah pernah di laksanakan pada tahun 2014, berdasarkan data dari para kader masih banyak warga yang buang air besar sembarangan, di antaranya DolBon (Model di kebon), setelahnya dapat data dari kader alhamdulillah dapat bantuan dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan di gunakan membuat WC umum, MCK, yang lokasinya di Dusun Cibogo.

Di waktu yang sama Kepala Puskesmas Padaherang Suryati mengatakan, bahwa Desa Cibogo sudah layak menjadi Desa ODF, proses ini tentunya hasil kerja keras bersama dengan berbagai pihak, seperti pihak Pemerintahan Desa Cibogo RW, RT dan seluruh masyarakat Cibogo.

Baca juga :  Striker Arema Menepi Jelang Duel Kontra Persib

“Selain itu kami mempunyai sebuah inovasi Pokmas Pejam,  kami rasakan di desa Cibogo dengan adanya kelompok Pejam, para RT,para RW, para Kepala Dusun dan Kepala Desa akan terus mengidentifikasi mencari dan mendata siapa yang belum memiliki jamban,” pungkasnya.(agus)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru