oleh

Ketua Bhayangkari Cabang Ciamis Laksanakan Bakti Sosial Tes IVA dan Sadanis Dalam Rangka HKGB Ke-67 Serta Hut Polwan Ke-71

Ciamis, Kicaunews.com – Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Ciamis Ny. Widya Bismo Teguh sebagai Penanggung Jawab melaksanakan kegiatan Bakti sosial Tes IVA dan SADANIS dalam Rangka HKGB Ke-67 dan HUT Polwan ke-71 Tahun 2019. Rabu (21/08/2019)

Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K.bahwa kegiatan Tes IVA dan SADANIS dilaksanakan agar dapat mendeteksi dini dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan deteksi kanker payudara dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS)

Sebelum dilaksanakan pemeriksaan diberikan penyuluhan oleh Bidan Puskesmas Ciamis tentang  IVA test adalah deteksi dini kanker serviks dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang dilakukan oleh dokter ahli dan Metode ini dilakukan dengan mengoleskan asam asetat ke leher rahim.

Setelah itu dokter dapat menyimpulkan hasilnya apakah normal atau tidak guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Selain itu disampaikan bahwa Sadanis adalah Pemeriksaan Payudara Klinis oleh petugas kesehatan terlatih di fasilitas kesehatan dengan Metode Mammografi, dimana Mammografi adalah pemeriksaan payudara dengan sinar rontgen untuk menemukan kelainan pada payudara.

Mammografi efektif digunakan pada wanita usia di atas 35 tahun dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mammografi setahun sekali. Untuk usia di bawah 35 tahun dapat melakukan USG Payudara.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh  Kapolres Ciamis AKBP Bismo  Teguh Prakoso, S.H., S.I.K., M.H, Kapolsek Ciamis Kompol I GM Sindu  Manuabes ,S.H, Ketua Rating Ciamis Ibu Andika Sindu  Manuabe , PLT Kepala Puskesmas Ciamis Sdr. Mamat S.Ip, Pengurus Cabang dan Ranting Bhayangkari, Pakor Polwan Iptu  Hj. Iis Yeni Idaningsih, S.H. beserta anggota Polwan Polres Ciamis dan peserta Tes IVA dan SADANIS sebanyak 32 orang.

Baca juga :  Kejari Indramayu Deklarasi Zona Integritas Bebas Korupsi

Kontributor : Ahmad Daniel

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru