oleh

Pemilihan Ketua Rt Layaknya Pemilu, Pertama Kali di Kabupaten Kendal

Kendal, Kicaunews.com – Unik, Pilihan Ketua RT Secara Langsung Di desa Kertomulyo Kendal, Ada yang berbeda dalam pemilihan ketua RT 001, RW 007 Desa Kertomulyo kecamatan Brangsong Kabupaten kendal Minggu (18/8/2019)  Pemilihan Ketua RT digelar seperti Pemilihan Umum (Pemilu). Salah satu tujuannya, untuk memberikan pelajaran demokrasi kepada warga masyarakat.

Sekdes sekertaris desa sukodiono SE , menuturkan masa jabatannya Rt yang sudah habis ini kita lakukan pemilihan secara langsung. dan menjadi mitra pemerintah desa, Pemilihan ketua RT secara langsung sebagai langkah untuk mencoba pembelajaran berdemokrasi bagi warga.

”Adanya pemilu RT ini dapat menjaga rasa persatuan, gotong royong di tengah masyarakat,” kata dia.

Kepala desa Pj Kanafi menyebutkan, proses pemilihan ini sesuai dengan harapan semua Rt/Rw bisa melaksanakan demokrasi seperti ini.

“Penghargaan untuk warga setinggi-tingginya bisa melaksanakan demokrasi pemilihan Rt secara demokratis, pantut di contoh sebagai desa yang lainya,”Imbuhnya.

Undangan ke semua warga untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan ketua RT. Adapun jumlah daftar pemilih tetapnya yang memiliki hak suara sebanyak (133) pemilih.

”Proses pemilihan warga yang punya hak pilih datang ke TPS dan mencoblos calon di dalam bilik suara. Usai mencoblos, pemilih kemudian memasukkan surat suara ke dalam kotak suara,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk menarik partisipasi warga, panitia mengenakan pakaian kejawen dan Koko  untuk warga. Proses pemilihan ketua RT periode 2019-2022 yang digelar di Desa diikuti lima bakal calon.1.Robison,2.solekhan, 3.syafi’i 4.,jumadi, 5.nur khozin, dan Pemenangnya dalam pemilihan Malam ini adalah  adalah : Nur Khozin. Tandasnya

Kontributor : Marsandi Korwil Kicau Jateng

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru