oleh

Sekjen Kemendagri Ajak ASN Isi Kemerdekaan Dengan Tingkatkan Kemampuan Intelektual

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kemampuan intelektual. Hal itu dikatakannya saat menjadi Inspektur Upacara di Lapangan Kemendagri, Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

“Pada momentum HUT RI ke 74 kali ini marilah kita mengingat kembali akan perjuangan para pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan. Generasi saat ini harus dapat melanjutkan 3 perjuangan para pahlawan, bukan lagi dengan senjata, melainkan mengisi kemerdekaan dengan berjuang meningkatkan kemampuan intelektual dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas guna melanjutkan pembangunan yang adil, makmur dan sejahtera,” kata Hadi.

Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020, fokus yang akan dicapai adalah peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas. Untuk mencapai target pembangunan (RPJMN) 2020-2024, pembangunan SDM harus diletakkan sebagai visi jangka panjang karena membangun manusia Indonesia ialah investasi jangka panjang menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju.

“Di era revolusi industri 4.0, fondasi utama mempersiapkan manusia Indonesia dapat kita lihat dalam Roadmap Making Indonesia 4.0. Roadmap ini merupakan koridor untuk menyiapkan SDM Indonesia yang dapat bersaing dengan bangsa lain di era otomatisasi sistem produksi dengan memanfaatkan 4 teknologi dan big data. Menyiapkan SDM menjadi penting karena skill dan pekerjaan yang ada saat ini belum tentu dibutuhkan dan cocok dengan kebutuhan masa depan yang makin meminimalisir campur tangan manusia. Jika kita mampu menerapkan industri 4.0, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal seperti peningkatan pendapatan dan efisiensi pembiayaan,” papar Hadi.

Adapun tema peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Tahun 2019 adalah “SDM Unggul Indonesia Maju”. Tema tersebut menjadi komitmen Pemerintah untuk mewujudkan pembangunan sumber daya Indonesia di segala penjuru nusantara yang unggul, lebih produktif dan berdaya saing ke depannya. Hal ini sebagaimana pidato arahan Presiden RI Joko Widodo di Sentul, Bogor Jawa Barat pada Tanggal 14 Juli 2019 yang menyatakan bahwa pembangunan SDM sebagai kunci Indonesia maju di masa depan.

“Terkait dengan hal tersebut, tentunya Saya berharap agar segenap Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan mampu menjadi SDM yang unggul, terampil dan terus meningkatkan kapasitas masing-masing serta selalu  siap berkompetisi secara positif,” ungkapnya.

(Red/Puspen Kemendagri)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru