oleh

Tokoh dan Ulama Kendal Berziarah Kemakam Kuno di Desa Kumpulrejo

KENDAL, Kicaunews.com – Makam bernisan batu karang berlokasi di RT 001 RW 002 Desa Kumpulrejo. Kehadiran KH. Rosyidi ulama Kendal yang mengasuh Pondok Pesantren Sabilussalam desa Lebosari Kecamatan Kangkung Kendal dan beliau juga mantan anggota dewan Kabupaten Kendal masa periode 2009 – 2014. Kamis (15/08/2019)

Kehadirannya atas konsultasi Pemerintah Desa Kumpulrejo ke kediamannya dan ditindak lanjuti dengan mendoakan dimakam dihari Kamis malam Jumat sebagai mana biasa warga muslim berziarah kemakam aulia.

Dari penjelasan KH. Rosyidi bahwa Insya allah makam yang ada dihadapanya adalah seorang yang terhormat dan nama makam beliau adalah Syech Kholifatullah atau dengan sebutan Wali Kholifah.

“Beliau adalah murid dari Syech Jumadil Qubro penyiar agama islaam pertama kali dijawa yang bermakam diTrowulan Mojokerto Jawatimur. Masa hidupnya beliau lebih dahulu dari para waliyullah yang ada di Kabupaten Kendal atau tertua diantara wali-wali yang lain di Kabupaten Kendal,”jelasnya

Gelar syech adalah gelar penyebar agama islam dan satu makam lagi yang diketemukan untuk yang kedua beliau adalah Syech Misbachudhin. Mengenai silsilah masing-masing makam secara lebih lengkap akan disampaikan kepemerintahan desa dibelakang hari.

“Wallahu aa’lam hanya Allah yang maha tau,” kata KH. Rosyidi.

Menurut kepala desa Kumpulrejo Basuki, bahwa kehadiran KH Rosyidi yang menyampaikan dihadapan warga dan pemerintah desa kumpulrejo akan memberikan pencerahan kepada warga Desa Kumpulrejo dan para peziarah lain yang akan mendoakan beliau. Prinsipnya apabila ada perbedaan nama dalam penyebutan hal tersebut untuk tidak dibesar-besarkan.

“Bahwa makam sudah dicatat di balai arkeologi Daerah Istimew Yogyakarta sebagaimana surat balasan tertanggal 8 Juli 2019 agar masyarakat Desa Kumpulrejo dapat menjaga kelestarian situs dan benda-benda yang ada,” jelas Chumaedi, S.H selaku kasi Pemerintahan Desa Kumpulrejo (Ketua PPDI Kabupaten Kendal)

Baca juga :  Nizar Zahro, Kemacetan Mudik 2016 Pemerintah Lupa Akan Infrastrukturnya

Kontributor : Sukrisno

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru