oleh

Dinyatakan Lolos Uji Administrasi, 50 Calon Komisioner KASN 2019-2024 Lanjut Ke Seleksi Penulisan Makalah

JAKARTA, KICAUNEWS.COM –  Sebanyak 50 calon Komisioner KASN yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 6 Agustus 2019 berdasarkan pengumuman Ketua Panitia Seleksi Nomor 03/PANSELCAKASN/08/2019, pada hari  Kamis (08/08) mengikuti seleksi penulisan makalah di Gedung Krida Bhakti Kementerian Sekretariat Negara RI, Jl. Veteran No. 12A Jakarta Pusat. 

Komposisi 50 peserta yang lolos seleksi terdiri 43 Pria dan 7 Wanita. Peserta Calon Komisioner KASN yang lolos seleksi administrasi berasal dari beragam latar belakang pendidikan, profesi, dan jabatan, seperti dari unsur Mantan pejabat pemerintahan, Akademisi, Pejabat Pimpinan Tinggi Yang saat ini masih definitif, anggota Polri, dan private sektor/swasta/BUMN.

Wakil Ketua KASN Irham Dilmy pada saat acara  shooting Takshow (taping) yang bertajuk Perwujudan Sistem Merit “Tantangan Pimpinan KASN 2019-2020) di Gedung I News, MNC Kebun Sirih Jakarta pada hari Rabu (7/08) bersama narasumber lainnya yaitu Komisioner KASN Bidang Pengaduan dan Penyelidikan I Made Suwandi, Ketua KPPOD  Endi Jaweng, dan Peneliti Senior LIPI/Tim Independen RBN Prof. Siti Zuhroh, menyampaikan bahwa sosok pimpinan KASN kedepan dituntut memiliki integritas dan kejujuran serta visioner. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa dari hasil seleksi administrasi yang telah diumumkan, ditenggarai ada beberapa yang integritasnya diragukan.

Untuk itu Ilham Dilmy meminta kepada Anggota Pansel untuk melakukan pengecekan kembali terkait hal tersebut. Menurut beliau bahwa integritas dan kejujuran tersebut  merupakan moral hazard yang sangat penting untuk bisa membangun ASN yang lebih baik. 

Pada kesempatan talkshow tersebut, Komisioner KASN Bidang Pengaduan dan Penyelidikan menambahkan bahwa salah satu persyaratan untuk menjadi pimpinan KASN adalah tidak sedang menjadi anggota partai dan/atau tidak sedang menduduki jabatan politik. Persyaratan lainnya yang juga sangat penting yaitu tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Lebih lanjut  I Made Suwandi menyampaikan bahwa dalam  masa uji publik terhadap Calon Komisioner  KASN, apabila masyarakat mengetahui ada diantara peserta yang lolos administrasi merupakan anggota  partai atau pejabat politik, atau pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan/Incraht, maka sebagai social control yang baik, I made Suwandi meminta masyarakat untuk melaporkan kepada Pansel Calon Anggota KASN yang sekretariatnya di Kantor KemenPANRB atau melalu email pansel.kasn@kasn.go.id.

Sehingga Pimpinan KASN yang terpilih nantinya merupakan orang-orang yang berintegritas, berkomitmen,bersih, melayani, memiliki networking yang luas dan menghindari konflik kepentingan, sebagaimana yang diamanatkan UU ASN untuk mengawal sistem merit dalam manajemen ASN.

Sesuai jadwal seleksi Calon Komisioner KASN bahwa uji public berlangsung dari tanggal 6 Agustus s.d. selesai tahapan seleksi yang diperkirakan sampai tanggal 9 September 2019. 

Untuk itu diharapkan masyarakat atau stakeholders lainnya termasuk ASN seluruh Indonesia, untuk sama-sama mengawal pelaksanaan seleksi Calon Komisioner  KASN periode 2019-2024. (NA/PA/2019).

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru