oleh

Anies Baswedan Dianugerahi Anggota Kehormatan Pemuda Betawi

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Gubernur Anies Baswedan menyambut kedatangan delegasi Forum  Pemuda Betawi di Balai Kota, Rabu, 14 Agustus 2019. Forum Pemuda Betawi atau FPB adalah representasi aktivitas  pemuda kaum Betawi ditingkat nasional yang dipimpin oleh M. Ramadhan sebagai Ketua Umum nya. 

kedatangan FPB ini untuk melaporkan hasil kegiatan penganugerahan anggota kehormatan sekaligus orasi kebangsaan oleh tokoh-tokoh pemuda yang dilaksanakan pada bulan lalu, 15 Juli 2019 di Grand Sahid Hotel, jl. Sudirman Jakarta.

Salah satu yang dianugerahi anggota kehormatan Forum Pemuda Betawi adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

FPB yg lahir di awal milenial tahun 2000 ini, dikenal dengan beragam aktifitas nya dalam hal mencetak kader-kader muda Betawi yg berwawasan nasional dan berkarakter pemimpin. Kemampuan leadership atau seni kepemimpinan memang merupakan aspek yang ditanamkan oleh FPB. Hal kepemimpinan ini pula yg menjadi salah satu ukuran hingga menobatkan Anies sebagai Anggota Kehormatan, selain kepedulian sang Gubernur pada pengembangan dan pelestarian budaya Betawi. Karena bagi FPB Anies dianggap mampu memimpin ibukota dengan baik.

Dalam perjalanan keorganisasiannya, FPB sebagai elemen pemuda berbasis etnis tak melulu hanya berkecimpung dalam permasalahan lokal kebetawian saja, tetapi selalu aktif berinteraksi dengan dinamika masalah pemuda nasional.

Karena itu tak aneh jika jejaring sosial dan hubungan organisasional FPB erat dengan aktivitas kepemudaan nasional terutama sinergitas dengan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan jaringan organisasi pemuda lintas etnis bahkan tingkat regional dan internasional.

Hal ini sesuai dengan tekad FPB yang kerap di dengungkan oleh Rachmat HS, pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina FPB yakni untuk “Mem-betawi-kan Anak Bangsa yang ada di Jakarta”. Dengan demikian pondasi persatuan dan kebersamaan komunitas pemuda berbagai suku-bangsa yang ada di Jakarta akan senantiasa terpelihara baik, dengan mengenal dan menghargai adat-istiadat serta budaya Betawi sebagai masyarakat inti Jakarta.

FPB juga kerap mengajak aktivis dan tokoh pemuda Indonesia lainnya untuk melakukan studi banding ber-anjangsana ke mancanegara. Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, Hongkong, RRC, Jerman, Belanda, Belgia, Perancis, Spanyol adalah beberapa negara yang pernah dikunjungi delegasi FPB sejak tahun 2005. Selain itu juga kunjungan kebudayaan juga selalu dilaksanakan oleh FPB ke berbagai daerah di Nusantara guna lebih mengenalkan budaya Betawi dan penguatan silaturahmi antar elemen muda bangsa.

Gelaran “Penganugerahan Anggota Kehormatan FPB dan Orasi Kebangsaan” ini adalah agenda rutin tahunan FPB dan biasanya juga dirangkai dengan dialog interaktif. Gelaran FPB ini juga telah turut banyak melahirkan kader pemimpin bangsa. Banyak diantara para anggota kehormatan ini yang kemudian menjadi Menteri, Kepala Daerah, Anggota Parlemen, Politisi, Akademisi dan Pengusaha serta ragam profesi lainnya. 

“Kami menganugerahkan kehormatan ini kepada Pak Anies Rasyid Baswedan langsung di balaikota, karena bulan lalu, beliau tak sempat hadir dalam seremonial acara,” kata Rachmat HS ketua Dewan Pembina FPB setelah bertamu di Balaikota pada 14/8/19 lalu. Menurutnya lebih lanjut, pada dasarnya semua yang menjadi Gubernur DKI Jakarta layak untuk di anugerah itu anggota kehormatan Forum Pemuda Betawi.

Sementara itu ketua panitia Penganugerahan Anggota Kehormatan Forum Pemuda Betawi, Erwin H. Al Jakartaty yg tak sempat hadir saat menemui Anies turut menyambut gembira momentum tersebut. 

“Meski sempat tertunda, Penganugerahan anggota kehormatan pemuda Betawi kepada Gubernur Anies Baswedan ini pada dasarnya adalah apresiasi kami selaku kaum muda Betawi terhadap kiprah kinerja  Anies yg selama periode ini memimpin pembangunan di ibukota dengan baik,” kata Erwin H. Al Jakartaty, yang secara struktural di FPB adalah Sekretaris Dewan Pembina FPB. Di luar itu, ia adalah seorang tokoh pemuda Betawi yang juga menjabat sebagai Wakil Komandan Nasional Menwa Indonesia.(Red)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru