oleh

Tanah Amblas Ditanggul Sungai Cimanuk Menjalar ke Pemukiman Warga

Indramayu, Kicaunews.com – Tanah ambles di Tanggul Sungai Cimanuk yang berlokasi di Desa Kertasemaya Blok Rengaspayung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu hingga saat ini masih terus terjadi dan kini menjalar ke permukiman warga.

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu sudah melakukan penanganan berupa pengurukan dan pemerataan tanah di lokasi amblesnya tanah tersebut.

Sekretaris Desa Kertasemaya, Widi Santosa mengatakan amblesnya tanah itu sekarang sudah menjalar ke pemukiman warga.

“Awalnya ada dua rumah yang terdampak, kemudian sekarang bertambah tiga jadi ada lima rumah sekarang,” ujar dia, Senin (12/8/2019).

Dirinya menyampaikan, warga sangat khawatir dengan fenomena bencana tersebut, bahkan saking khawatirnya warga ada salah seorang seorang warga selalu mengecek berapa kedalaman turunnya tanah.

“Diakui dia, tanah tersebut selalu bergerak dan turun setiap harinya sedalam 5 sentimeter dan sekarang ini tanah tersebut sudah turun sedalam 1,20 meter,”Terangnya

Sementara itu, hingga saat ini belum ada tindak lanjut kembali terkait amblesnya tanah dari pemerintah. Untuk mencegah longsor pada rumah warga, sementara ini pihak Desa Kertasemaya melakukan anitipasi dengan memasang patok kerucuk dari bambu.

“Namun, keberadaan patok itu disampaikan Widi Santosa tidak menjamin karena hanya dilakukan secara manual dan seadanya saja,”tandasnya (MT jahol)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru