oleh

Rutilahu BSPS Desa Lemah Ayu Kertasmaya Diduga Salah Sasaran

Indramayu, Kicaunews.com – Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) didesa lemah ayu kecamatan kertasmaya kabupaten indramayu banyak penyimpangan juga salah penerapan dan salah sasaran, Warga penerima manfa’at banyak yang mengeluh karena saat pendataan dan pemotretan untuk mendapatkan bantuan bedah rumah atau rehab dengan anggaran biaya total Rp 17.000.000,00,- untuk kepala tukang 2.500.000,- dan untuk perbaikan rumah tak layak sebesar 15.000.000,- per unit.

Tapi faktanya setelah program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) turun ternyata kebanyakan rumah yang layak juga bantuan tersebut mengarah ke keluarga dari perangkat desa, saat media Kicaunews kroscek ke lokasi penerima manfaat, Senin (12/08/2019) atas aduan masyarakat desa Lemah ayu Ternyata benar adanya permainan kongkalingkong dengan perangkat desa dan keluarga dari pamong desanya.

Kecurangan dari bahan matrial juga Seperti kayu dolken dan kaso semuanya memakai kualitas rendah, pemotongan anggaran yang berlebihan tidak memberikan hak kelayakan bagi penerima manfaat Secara umum penyaluran Bantuan program rutilahu.

Program disektor penyedia’an perumahan seperti Penerima manfa’at terdapat beberapa hal penting yang menyangkut program rutilahu, juga nanti ke depannya perlu mendapat perhatian oleh semua pihak. Berdasarkan data yang ada dari jumlah rumah yang dibangun, beberapa unit masih dalam proses pembangunan.

Kuwu desa Lemah ayu Badrun. Diduga menyalahi aturan terkait pendata’an rumah tidak layak huni (Rutilahu) BSPS tidak berpihak kepada warga yang tidak mampu hanya mementingkan keluarga sendiri dan kerabat pamong desanya.

Kuwu badrun dihubungi melalui via telfon Dia menolak bahwa pemerintah desa lemah ayu tidak ikut campur masalah rutilahu BSPS yang ada didesa kami ini.

“Itu ada pengurusnya sendiri jadi silahkan hubungi pengurusnya percuma nemui saya karena sibuk jarang dikantor ada kegiatan olah raga diluar sana, .? Dan itu juga bukan rumah perangkat desa yang dibangun,”terangnya

Baca juga :  Polsek Pondok Aren Fasilitasi 20 Anak Punk Hapus Tatto Gratis

Sementara itu salah satu Warga penerima manfaat berinisial (K) menjelaskan Emang benar saya dapat bantuan tapi saya enggak tahu anggarannya berapa karena yang datang berupa bahan matrial dan pihak desa tidak menyebutkan berapa anggarannya.

“Selain itu juga rumah saya yang diperbaiki cuma dapur sama samping kanan aja ditembok, depan dan samping sebelah kiri tidak diperbaiki karena masih bagus,” Tandasnya. ( MT jahol)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru