banner 728x250

Siap-Siap, September Bulan Depan Kemenkes RI Bakal Ke Tangsel, Ada Apa?

  • Bagikan
FKS Kota Tangsel saat gelar diskusi jelang penilaian tingkat Wistara di DPRD Tangsel
banner 468x60

TANGSEL, KICAUNEWS.COM –Jelang penilaian lomba kota sehat dari Kementrian Kesehatan RI pada September mendatang, Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar diskusi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang aspirasi DPRD Kota Tangsel, Kamis (8/8/2019).

Untuk di ketahui, penilaian tingkat Wistara merupakan penilaian tertinggi terhadap kota sehat di kota/kabupaten di seluruh provinsi oleh Kemenkes RI.

banner 336x280

Ketua Tatanan l FKS Kota Tangsel, Siti Chadijah mengatakan bahwa Kota Tangsel sebelumya pernah meraih penghargaan tingkat Padapa (Pemantapan) dan penghargaan tingkat Wiwerda (Pengembangan). Untuk menghadapi penilaian tingkat Wistara, maka sejak jauh-jauh hari harus di persiapkan segala sesuatunya.

“Bulan September Tangsel akan di lakukan penilaian tingkat Wistara. Wistara itu penghargaan paling tinggi yang dilakukan oleh kementrian kesehatan RI,” ungkapnya.

Anggota Komisi lll DPRD Kota Tangsel itu juga jelaskan bahwa untuk tingkat Wistara, ada beberapa indikator yang akan di lakukan penilaian, diantaranya tentang pemukiman dan perumahan, udara bersih, sungai bersih, air bersih, taman kota, sekolah dan pengelolaan sampah pasar yang ada di Tangsel.

“Dari beberapa indikator ini, kita panggil sejumlah dinas terkait diantaranya Dinas Perkim, Lingkungan Hidup, Dinas Indag, Bappeda dan dinas kesehatan. Kita juga memanggil profesional dan pengembang perumahan untuk bersama sama menghadapi penilaian nanti,” papar Siti.

Siti kemukakan, dari hasil diskusi tersebut, di harapkan ada komitmen bersama untuk mewujudkan lingkungan yang ada di Kota Tangsel sebagai kota yang benar-benar nyaman, aman dan bersih bagi masyarakatnya.

“Dari pertemuan kali ini, kita ingin membangun komitmen bersama bahwa kita serius agar Tangsel menjadi kota yang sehat. Kita tidak hanya berorientasi mendapatkan penghargaan Wistara, tapi serius mewujudkan kota yang sehat,” imbuh Siti.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Arahan Giat Silaturahmi Kamtibmas Dengan Anak Muda

Siti juga menekankan kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Tangsel agar mendata pemukiman yang masuk katagori sehat di Tangsel dan berapa pemukiman yang masih punya titik rawan banjir ketika datang musim hujan.

“Dari diskusi ini, akan kita kompilasi dan kita sampaikan ke pemerintah kota, karena forum kota sehat ini kan dari masyarakat. Pemerintah punya regulasi dan anggaran, jadi, dengan pertemuan ini tujuannya bagaimana pemerintah dan masyarakat dapat mewujudkan kota yang benar-benar sehat,” tandas Siti. (Dra)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *