oleh

Dilantik Wapres, Mendagri Sebut Pamong Praja Muda IPDN Harus Siap Mendarma Bhakti Pengabdiannya untuk Bangsa dan Negara Dimanapun Ditugaskan

JATINANGOR, KICAUNEWS.COM —  Sebanyak 744 Pamong Praja Muda Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) telah resmi dilantik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (06/08/2019). 

Pelantikan yang dirangkaikan dengan apel Victory tersebut digelar di Lapangan Parade Abdi Praja Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat.

Dalam laporannya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, para Pamong Praja Muda yang dilantik telah siap mendarmabaktikan pengabdiannya untuk bangsa dan negara dimanapun mereka ditugaskan.

“Pamong Praja Muda ini telah dibekali dengan materi Revolusi Mental sebagai Kader Pelopor Revolusi Mental (KPRM) penjabaran dari Program Nawa Cita Bapak Presiden dan Wakil Presiden, serta Aplikasi Nyata setelah Bapak Presiden menetapkan IPDN sebagai Kampus Pelopor Penggerak Revolusi Mental pada tanggal 15 Juni 2015. Dengan materi revolusi mental, para Pamong Praja Muda ini telah siap mendarma bhaktikan pengabdiannya untuk bangsa dan negara dimanapun mereka ditugaskan,” kata Tjahjo.

Dilanjutkan Tjahjo, para Pamong Praja Muda ini nantinya akan ditempatkan secara lintas provinsi untuk mengimplementasikan Nawa Cita sebagai wujud hadirnya negara di setiap wilayah.

“Nantinya Pamong Praja Muda ini akan ditempatkan di daerah penugasan dengan sistem cross provinsi khususnya di daerah perbatasan, pedalaman dan pulau terluar dengan masa kerja minimal dua tahun yang ditugaskan khusus melaksanakan Nawa Cita menghadirkan pemerintahan dekat dengan masyarakat, melayani masyarakat dengan hati yang tulus dan penuh dedikasi atas dasar tanggung jawab yang tinggi dalam koridor poros pemerintahan dalam negeri,” imbuhnya.

Pamong Praja Muda yang dilantik adalah putra/putri terbaik bangsa wakil dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Mereka telah diwisuda pada Senin (05/08/2019) setelah melalui proses panjang pendididikan selama 4 tahun dengan Sistem Pendidikan JARLATSUH (Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan). 

Tak hanya itu, dalam proses pendidikannya, mereka juga telah belajar dan berlatih bersama dengan Taruna TNI dan Taruna Kepolisian melalui Program Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna TNI dan Kepolisian, melalui kegiatan Kunjungan Taruna, kegiatan LATSITARDA dan kegiatan Latihan Dasar Mental Kedisiplinan Praja di Akademi Kepolisian, serta pemahaman mengenai bahaya narkotika, penanggulangan terorisme, dan pencegahan korupsi.

744 Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan XXVI Tahun 2019 terdiri dari Putra 479 orang dan Putri 265 orang. Selain dihadiri Wapres Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersera Ibu Erni Guntari Tjahjo Kumolo, pelantikan juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Forkopimda Jawa Barat, Bupati Sumedang, Forkopimda  Jawa Barat, perwakilan TNI dan Polri, serta sejumlah pejabat lainnya.

(Red/Puspen Kemendagri)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru