oleh

Diacara Wisuda Praja IPDN, Ini Pinta Mendagri

JATINANGOR, KICAUNEWS.COM – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta wisudawan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) tahun akademik 2018/2019 untuk memperjuangkan dan menyerap aspirasi masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri wisuda program diploma IV, program S1, program S2, program S3, serta program profesi Kepamongprajaan di Kampus IPDN Jatinangor,  Sumedang, Jawa Barat, Senin (05/08/2019).

“Tugas anda belum selesai karena tugas anda yang utama adalah pengabdian pada masyarakat dimanapun anda berada. Teruslah menimba ilmu, serap aspirasi masyarakat dan perjuangkan,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga meminta para wisudawan yang ditempatkan di berbagai daerah, mampu melayani masyarakat dengan cepat dan ramah. Pasalnya, ia menilai alumni IPDN sangat dinantikan pengabdiannya di masyarakat.

“Pelayanan dan kecepatan anda ditunggu masyarakat, layani masyarakat dengan cepat dan ramah. Gerakan dan berdayakan masyarakat sesuai disiplin ilmu yang ada,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar para wisudawan senantiasa meningkatkan kapasitas diri. Pasalnya, wisudawan yang ditempatkan juga berperan dalam membangun tata kelola pemerintahan yang semakin efektif dan efisien.

“Anda juga harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai arahan Presiden. Ingat, tugas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ketika Anda ditempatkan, adalah membagnun tata kelola pemerintahan yang semakin efektif, efisien, guna mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya penguatan otonomi daerah,” paparnya.

Ia juga meminta seluruh wisudaan IPDN untuk bersinergi dan berkoordinasi dengan setiap stakeholder (pemangku kepentingan) untuk menjaga stabilitas dan keamanan.

“Tugas anda di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, ingat bahwa anda tidak berdiri sendiri, karena yang namanya Pemerintah ada TNI, Polri, tokoh agama, tokoh adat, serta  tokoh masyarakat yang merupakan bagian dari pemerintahan yang harus bersinergi,” imbuhnya.

Diketahui, terdapat 980 Wisudawan yang diwisuda hari ini. Dari 980 wisudawan tersebut, sebanyak 744 yang menjadi purna Praja akan dilantik Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (06/08/2019.

“Selamat dan sukses Anda telah mampu melaksanakan tugasj belajar dengan baik dan besok pagi Insya Allah akan dilantik oleh Wapres,” ungkapnya.

(Red/Puspen Kemendagri)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru