oleh

AMPD : Sudah Saatnya Ketua DPD RI berlatar belakang Mantan Kepala Daerah

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Yang terbentuk pada 1 Oktober 2004 merupakan lembaga tinggi Negara dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan Perwakilan dari setiap Provinsi yang dipilih oleh Masyarakat langsung melalui Pemilihan Umum Legislatif. 

DPD Yang lahir atas kedaulatan di tangan Rakyat  seharusnya dapat lebih memiliki Kewenangan, Lahirnya DPD Sebagai Lembaga yang mewakili Masyarakat daerah di tingkat Pusat pada awalnya diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi Daerah namun pada kenyataanya sampai dengan 15 tahun DPD-RI Masyarakat di 34 Provinsi Indonesia belum merasakan hasil kinerja dari Lembaga DPD-RI  “bahkan ada Masyarakat yang tidak tau sama sekali apa itu DPD“.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Periode 2014-2019 justru lebih sibuk mengurus urusan Politik, tercoreng dengan ditangkapnya Ketua DPD-RI Irman Gusman, Polemik dualisme Kepemimpinan DPD Yang menguras Energi, waktu dan biaya.

Keanggotaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hasil Pemilu 2019 dari 136 Anggota DPD terpilih 92 adalah wajah baru yang berlatar belakang mulai dari Mantan Purnawirawan Tni/Polri, Akademisi, Mantan Bupati/Walikota/Gubernur, Pengusaha, Mantan Pimpinan Lembaga Negara dan Aktivis dll.

Dengan Komposisi ini bila dipimpin oleh orang yang tepat tentunya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Akan memberikan Manfaat bagi Rakyat Indonesia di daerah-daerah.

Selain Pemilihan Pimpinan DPR/MPR diparlemen, Pemilihan Pimpinan DPD RI 2019-2024 akan menjadi Sorotan Masyarakat. 

Dalam Siaran Pers yang diterima redaksi, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Daerah (AMPD) Mengusulkan Ketua DPD-RI Mendatang sebaiknya berasal dari Anggota DPD Terpilih yang berlatar belakang Mantan Kepala Daerah.

“tentunya dengan latar belakang pernah Memimpin Daerah  akan lebih memahami tentang Kebutuhan Masyarakat di Daerah, benar-benar dipercaya untuk Memperjuangkan Aspirasi Daerah di Pusat,” Ujar Yan Januar Aktivis AMPD

Januar mengutarakan, Kita bisa Lihat dan rasakan bagaimana ketika Kepala Negara dijabat oleh Jokowi yang merupakan mantan Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta kerja-kerjanya begitu dapat dirasakan daerah-daerah di Indonesia.

“Sekaranglah waktunya DPD-RI dipimpin oleh Mantan Kepala Daerah,” Jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Januar, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Daerah ( AMPD ) menilai Mantan Gubernur Gorontalo 2 Periode Fadel Muhammad figur yang pas untuk menjadi Ketua DPD-RI 2019-2024 Sosok Fadel Muhammad  berpengalaman dalam tata kelola Pemerintahan, bisa membangun komunikasi Daerah dengan Pemerintah Pusat dan tentunya ini sangat memberikan Kontribusi bagi Masyarakat di Daerah.

“Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Daerah ( AMPD ) menginginkan Pimpinan DPD Mendatang tidak mengulangi kesalahan kesalahan dari Pimpinan DPD-RI  2014-2019,” Tandasnya. (Red/Rilis)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru