oleh

Menyalahgunakan Wewenang, Kuwu Desa Tersana-Sukagumiwang Dilaporkan Warganya

Indramayu, Kicaunews.com – Masyarakat desa Tersana adukan tindakan pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang kepala desa Tersana ke Satuan Tugas Dana Desa kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi (Mendes PDTT)

Kurdi beserta masyarakat desa Tersana terkait adanya dugaan pelanggaran penggunaan dana desa yang di terima langsung koordinator satgas dana desa Muhammad Faturahman Poin yang di laporkan terkait penyerahan tanah bengkok/Carik dan pangonan seluas 75 Bahu pada pihak lain tepatnya Oktober 2017 dimana pada saat itu kepala desa Tersana belum menjabat sebagai kepala desa.

Kurdi mengatakan, kemudian terkait informasi APBDes 2018 tidak dipampang di balai desa, padahal masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam perencanaan‎ pengggunaan dana desa dan ikut mengawasi penggunaan dana desa. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan dana desa.

“Dalam bidang pembangunan APBDes 2018 paket pekerjaan jalan desa sebesar RP 297.763.000 terdapat perbedaan antara RAB dan realisasi pembangunan sehingga terindikasi manipulasi data,” kata Kurdi, dalam audiensi di kantor Satgas Dana Desa, Jakarta, Kamis  (01/8/2019).

Menurut Kurdi, paket pembangunan jamban dalam RAB 10 unit tetapi dalam pelaksanaannya hanya 5 unit, dan meminta hal tersebut segera di tindak tegas oleh Satgas Dana Desa Kementerian Desa, pembangunan daerah Tertinggal dan transmigrasi. Tambahnya

“Selain itu, untuk pembangunan pengelolaan sampah sebesar Rp 107.140.000, terdapat penyelewengan pembelian dana operasional sebesar Rp 30.000.000 yang dalam pelaksanaannya kendaraan tersebut sudah ada sejak 2017,”tandas Kurdi

Sementara Koordinator satgas Muhammad Faturahman kami menerima pengaduan dari masyarakat desa Tersana kecamatan Sukagumiwang kabupaten Indramayu, segera kami tindak laporan terkiat karena sudah sesuai standar pelaporan SOP Satgas Dana Desa. Namun sebelum kami turun harapan kami masyarakat pro aktif ikut mengawal laporan tersebut. Singkatnta  (MT jahol)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru