oleh

Wujudkan Siswa Yang Sehat, SDN Grogol Selatan 08 Lakukan Screening Kesehatan Siswanya 

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) SDN Grogol Selatan 08 yang bekerjasama dengan Puskesmas Kebayoran Lama dan Puskesmas Kelurahan Grogol Selatan pada Rabu ( 31/07/2019 ) pukul 08.00 WIB mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan ( screening ) yang dilaksanakan di Sekolah SDN Grogol Selatan 08, Jl. Masjid An – Nur No.08 RT.014/01 Grogol Selatan, Kebayoran Lama – Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan pada sekolah yang masuk peringkat dalam Sekolah Model Jakarta Selatan 2019 tersebut, selain dihadiri langsung oleh Sukoto, S.Pd selaku Kepala Sekolah, juga dihadiri oleh drg. Dewi Napitupulu dari Puskesmas Kelurahan Grogol Selatan, Syafni selaku Petugas UKS Puskesmas Kelurahan Grogol Selatan, Aldin selaku Petugas Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan Puskesmas Kelurahan Grogol Selatan, Ujang Tatang, S.Pd selaku Pembina UKS Sekolah, serta para staff Puskesmas Kelurahan Grogol Selatan dan para Dewan Guru SDN Grogol Selatan 08.

Kepala Sekolah SDN Grogol Selatan 08, Sukoto, S.Pd dalam keterangannya mengatakan, kegiatan screening yang kami lakukan ini merupakan kegiatan yang kami lakukan setiap tahunnya secara berkala dengan harapan untuk mewujudkan serta mencetak generasi penerus bangsa yang sehat, baik jasmaninya maupun rohaninya.

” Screening dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan siswa, mulai dari pemeriksaan Telinga, Hidung, Tenggorokan ( THT ), pemeriksaan mata, pemeriksaan kuku, pengukuran berat dan tinggi badan. Selain itu juga dilakukan test kebugaran jasmani dan sosialisasi sarapan pagi kepada siswa ” terang Sukoto

Sukoto juga menambahkan bahwa dengan deteksi kesehatan sedini mungkin, dapat diketahui penanganan kesehatan yang benar terhadap kondisi tubuh siswa.

” Kedepannya Insha Allah akan kami tingkatkan fasilitas sekolah khususnya yang berkenaan dengan kesehatan siswa seperti menambah wastafel untuk cuci tangan siswa, dan sebagainya ” harap Kepala Sekolah

Baca juga :  Sinergitas TNI - Polri, Sektor 22 Citarum Harum Sub 9 Bersama Satsabhara Polda Jabar Bersihkan Sungai Cinambo

Sementara, drg. Dewi Napitupulu dari Puskesmas Kelurahan Grogol Selatan, dalam keterangannya menyampaikan bahwa screening UKS adalah suatu usaha melakukan deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan secara klinis belum jelas dengan menggunakan test. Pemeriksaan atau prosedur yang dapat digunakan secara cepat untuk membedakan anak – anak yang kelihatannya sehat akan tetapi sesungguhnya anak tersebut sedang menderita sakit.

” Pemeriksaan yang bersifat umum yang kami lakukan meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, pemeriksaan THT, serta aspek kesehatan lainnya yang bersifat umum ” ungkapnya

drg. Dewi Napitupulu juga menambahkan bahwa pemeriksaan ini idealnya dilakukan secara berkala setiap 6 ( enam ) bulan sekali secara continue, karena dengan dilakukan program secreening bila terjadi sesuatu kejanggalan yang berkenaan dengan kesehatan peserta didik, maka akan segera terdeteksi dini sehingga dapat dilakukan tindakan kesehatan lebih lanjut.

Info yang auditpos.com himpun, untuk screening diikuti oleh semua siswa kelas 1, dan untuk test kebugaran diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6, sedangkan untuk sosialisasi sarapan pagi diikuti oleh semua siswa SDN Grogol Selatan 08.

tomi

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru