oleh

Roadshow Ke Beberapa Negara, Ini Yang Dilakukan Wakil Ketua BPK RI

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Prof. Bahrullah Akbar telah melakukan roadshow ke beberapa negara. 

Orang Nomor Dua di BPK itu Berkeliling Negara guna menjalin kerja sama dan berbagi ilmu dengan otoritas pemeriksa keuangan di negara lainnya.

Dilansir dari laman detikFinance, Bahrullah mengatakan ada sekitar 4 negara yang telah dikunjungi sejak beberapa minggu yang lalu.

“Saya road show untuk peningkatan SDM dan organisasi BPK, di Jepang dan Polandia. Lalu lobi untuk keketuaan BPK sedunia ke Kamerun dan Tanzania,” ujarnya Bahrullah.

Lebih lanjut Putra Betawi itu mengutarakan, Saat ke Polandia dalam misi mempererat kerja sama dengan SAI Polandia (NajwyzszaIzba Kontroli-NIK) dan Kunjungan itu dilakukannya pada 8-9 Juli 2019.

Dalam kunjungannya, Bahrullah mengaku mendapatkan informasi tentang sejarah NIK dan struktur organisasinya. “Alhamdulillah saya mendapatkan draf hasil peer review terhadap BPK tahun 2019 dengan ketua tim Piotr Prokopczyk,” Katanya.

Lebih lanjut Bahrullah mengatakan, Peer review ini telah dilakukan secara joint team oleh tiga SAI yaitu NIK Poland, Riksrevisjonen Norway, dan Riigikontroll Estonia. Peer review dilaksanakan sesuai dengan ketentuan UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK dan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) 2017 yang menyatakan bahwa peer review dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam lima tahun guna menjamin mutu pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan oleh BPK telah sesuai dengan standar.

Tidak hanya itu, sambung Bahrullah, BPK juga merupakan sebagai ASEANSAI Secretariat melakukan kunjungan ke Yaounde Kamerun pada tanggal 15-16 Juli 2019. Tujuannya untuk mempererat kerja sama antara ASEANSAI dengan AFROSAI (African Supreme Audit Institution).

Wakil Ketua BPK RI Prof. Bahrullah Akbar mewakili dalam kapasitas BPK sebagai ASEANSAI Secretariat, melakukan kunjungan ke Secretariat General de l AFROSAI di Yaounde Kamerun tanggal 15 – 16 Juli 2019 untuk mempelajari keberhasilan dan pengalaman AFROSAI pada proyek joint audit di Lake Chad tahun 2015 dan Congo Basin tahun 2019.

“Kunjungan itu juga dilakukan untuk mempelajari keberhasilan dan pengalaman AFROSAI pada proyek joint audit di Lake Chad tahun 2015 dan Congo Basin tahun 2019,” Imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Bahrullah melakukan courtesy call kepada Ketua SAI Kamerun, Mbah Acha R Fomundam di kantor Le Ministre Services du Controle Supereur Cameroon selaku Sekretariat AFROSAI.

Pada kesempatan yang sama, dia juga menyampaikan undangan WGEA International Forestry Auditing yang akan dilaksanakan bulan September 2019 dan rencana InCFSA (International Conference of Indonesia State Finance Accountability) bulan Oktober 2019 di Indonesia kepada AFROSAI. 

Dirinya mengaku Didalam perjalan keliling dunia kali ini untuk menyampaikan keinginan BPK mencalonkan diri menjadi Chair of INTOSAI 2025 – 2028 melalui Sekretariat AFROSAI, jika tidak ada SAI di wilayah Afrika yang mencalonkan diri sebagai Chair of INTOSAI pada periode tersebut.

Tidak Hanya itu, bersama Anggota V BPK, Isma Yatun saya juga melakukan kunjungan ke National Audit Office of Tanzania (NAOT) di Dar Es Salaam, Tanzania pada 17-18 Juli 2019. 

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar dan Anggota V BPK, Isma Yatun melaksanakan kunjungan ke National Audit Office of Tanzania (NAOT) di Dar Es Salaam, Tanzania pada 17-18 Juli 2019.

“Kunjungan ini bertujuan mempelajari pengalaman NAOT menjadi anggota UN Board of Auditor (UNBoA) dan juga dalam pelaksanaan peer review di lingkup Afrosai,” Ujarnya.

Sementara di Jepang, Bahrullah menghadiri pertemuan bilateral dengan Board of Audit of Japan (BOA) pada tanggal 28 Juni 2019, bertempat di Kantor BOA di Tokyo, Jepang.

Wakil Ketua BPK RI Prof. Bahrullah Akbar didampingi oleh Haedar (Kepala Biro Sumber Daya Manusia) beserta Juska Meidy Enyke Sjam (Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional) dan Tim dari Biro SDM, menghadiri pertemuan bilateral dengan Board of Audit of Japan (BOA) pada tanggal 28 Juni 2019, bertempat di Kantor BOA di Tokyo, Jepang.

“Delegasi BPK diterima oleh Mari Kobayashi (President BOA), didampingi oleh Takashi Katae (Assistant Secretary General), beserta perwakilan dari Divisi international dan Pengembangan Kapasitas Pegawai,” Katanya.

Pada pertemuan ini, Lanjut Bahrullah, kedua SAI saling berbagi informasi dan pengalaman mengenai pengembangan sumber daya manusia, termasuk juga sistem rekrutment pegawai, jenjang karir, pengembangan kompetensi auditor serta integritas auditor.

Selain itu, BOA juga meminta dukungan BPK atas posisi mereka sebagai representatif ASOSAI di Governing Board INTOSAI. Mereka pun turut mendukung target BPK untuk menjadi Ketua INTOSAI periode 2025-2028. 

“Kedua SAI bersepakat memberikan dukungan positif untuk peningkatan peran BPK dan BOA di komunitas lembaga audit internasional,” Tandas Bahrullah.

Artikel Asli dapat dilihat di laman detikFinance

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru