oleh

Letkol Inf Uchi Cambayong, Putra Betawi Anak Seorang Pedagang Buah Jadi Dandim Bengkulu

KICAUNEWS.COM — Menjadi Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus selalu siap ditugaskan dimana saja. Karena menjadi pengawal keutuhan wilayah Nusantara sebagai prajurit tentunya sudah siap bertugas jauh dari tanah kelahiran.

Hal ini dialami oleh banyak dari saudara-saudara sebangsa setanah air kita yang memilih berkarir dengan mengabdi sebagai prajurit TNI.

Tak terkecuali dengan seorang anggota TNI AD yakni Uchi Cambayong, seorang anak Betawi asli Ciledug, Tangerang yang mendapat tugas untuk menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0407 Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu yang Sebelumnya Uchi bertugas di Pangkal Pinang Bangka Belitung.

Uchi Cambayong yang berpangkat Letnan Kolonel, baru-baru ini diminta berdinas oleh Pimpinan TNI AD di pos barunya dan bertekad untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan perintah pimpinan dan Sapta Marga TNI. 

Kodim 0407/WK Bengkulu telah ditingkatkan menjadi tipe “A” yang berarti akan dipimpin oleh seorang berpangkat Kolonel.

Profil Dandim Bengkulu Letkol Inf Uchi

Lelaki ramah yang sederhana ini adalah putra dari pasangan Bpk Godjalih dan Ibu Muniah. Orang Tuanya hanya orang Betawi sederhana yang berprofesi pedagang buah. Namun hal itu tak menyurutkan langkah Uchi untuk menggapai cita menjadi perwira TNI. 

Uchi merupakan alumnus Akmil 1997, dan sejak dilantik sebagai Letnan Dua bertugas dalam korps Infantri. Karir penugasannya cukup panjang di lapangan dan kerap berpindah wilayah tugas, sebagaimana layaknya seorang prajurit.

“Saya ingin menjalankan tugas sebaik-baiknya selaku prajurit, tidak pernah memusingkan di manapun ditugaskan. Yang penting memberikan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara,” demikian kata Letkol Uchi pada Kicau Group.

Meski bertahun-tahun bertugas jauh dari tanah kelahiran, namun perwira TNI AD yang telah di karuniai tiga orang putra putri ini tak begitu saja melupakan tanah Betawi dan keragaman budayanya. 

“Betawi adalah sebuah keluarga besar bagi saya, dan berharap suatu saat bisa turut berbuat banyak untuk masyarakat Betawi segaris dgn  saat ini saya berbakti pada NKRI,” ujar Uchi lebih lanjut.

Dandim 0407/WK Kota Bengkulu ini juga berharap bahwa pembinaan kesadaran bela negara menjadi bagian integral bagi pendidikan generasi muda bangsa saat ini ditengah meluasnya globalisasi. Dan khusus kepada generasi muda milenial Betawi.

Uchi berpesan bahwa jangan terlena atau minder, harus giat belajar menimba ilmu dan juga berorganisasi sebagai bekal memajukan masyarakat Betawi agar tegak berdiri bersama saudara2 dari berbagai etnis Nusantara dan sejajar dengan bangsa-bangsa asing. 

Baginya mengabdi kepada bangsa dan negara ini tak harus jadi tentara, tapi bisa disegala bidang dan Uchi sangat berkeyakinan bahwa kaum Betawi adalah personifikasi jiwa nasionalisme Indonesia sebab dari lahir sudah menerima keberagaman Nusantara, mengingat komunitas Betawi adalah masyarakat asli Jakarta dan sekitarnya.

Selamat Bertugas Pak Dandim.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru