oleh

Pemkot Klaim Pembongkaran di Jalan Bougenvile Sudah Sesuai Prosedur dan Regulasinya

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Tata Ruang (Distaru) mengeluarkan rilis pers yang ditandatangi oleh Sekertaris Distaru Dzikron, Rabu (24/7/2019) mengaku apa yang sudah di rencanakan Distaru melakukan pembongkaran 57 rumah di Jalan Raya Bougenville sudah sesuai prosedur dan regulasinya.

Dalam rilis tersebut, Dzikron mengungkapkan jika landasan hukum perintah bongkar sudah ada dari Sekjend Kementerian PUPR bernomor PS 0301-sb/221 tertanggal 17 Mei 2019 perihal permohonan bantuan penertiban atas tanah di Jalan Bougenvile Raya Rt01/011 Kalurahan Jaka Sampurna, Kecamatan Bekasi Barat.

Tujuan dari pembongkaran 57 rumah tersebut untuk menjaga ketertiban dan pengelolaan sungai agar fungsi sempadan sungai dapat dikembalikan sebagaimana peraturan berlaku untuk penanganan banjir di DAS Jatiluhur.

Pemkot Bekasi pun mengklaim jika tanah di Jalan Bougenvile Raya tersebut milik Kementerian PUPR yang diserah operasikan kepada Perum Jasa Tirta II sebagaimana telah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No.39/KPTS/1994.

Hal ini pun diakui oleh Camat Bekasi Barat, Bunyamin yang menyebutkan dasar pembongkaran sudah sesuai prosedur dan peraturannya. ” Kami sudah melakukan upaya sosialisasi ke warga soal rencana pembongkaran ini,” kata Camat Bekasi Barat ini, Rabu(24/7/2019).

Sementara bagi warga yang terkena pembongkaran Distaru menyediakan Rusunawa sebagai alternatif tempat tinggal bagi warga untuk pindah rumah. ” Bagi Ibu Syamsinar sebagai janda istri pahlawan kemerdekaan akan difasilitasi pelayanan kesehatan dan ambulan,” tulisnya di rilisnya.

Ketika dikonfirmasikan ke salah satu warga F Taswin yang terkena pembongkaran menyebutkan bahwa aturan sebagai dasar hukum pembongkaran rumah warga disebut itu tidak benar.” Aturan itu semua bohong dan tidak pernah diberitahukan warga baik dalam surat Sp 1 sampai surat perintah pembongkaran,” (fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru