oleh

KNPI Jateng Belajar Pembangunan Kepemudaan ke Dispora Jabar

BANDUNG, Kicaunews.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah bersama Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat, Selasa (23/7/2019).

Kunjungan yang berlangsung di Gedung Pencak Silat, SPOrT Jabar Arcamanik tersebut disambut langsung oleh Kepala Dispora Jabar beserta segenap jajarannya dan Sekjen KNPI Jabar dan beberapa pengurusnya.

Kabid Kepemudaan Disporapar Jateng, Ali Huda mengungkapkan, kedatangan rombongan pemuda dari Jateng ini bermaksud untuk menimba ilmu dan saling sharing pengalaman. Utamanya soal pembangunan kepemudaan.

“Kami ingin belajar tentang banyak hal, mengadopsi dan memodifikasi. Khususnya tentang pembangunan kepemudaan, mengingat di Jawa Barat ini terbilang lebih maju jika dibanding dengan Jawa Tengah,” ujarnya.

Ali mencontohkan soal prestasi Jabar yang telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelayanan Kepemudaan. “Kalau di Jateng baru direncanakan dan targetnya tahun 2020,” paparnya.

Foto Istimewa : Para Pengurus DPD KNPI Jateng dan Perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) Tingkat Jawa Tengah berpose bersama usai study banding

Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna membenarkan hal tersebut. Bahkan, saat ini sedang merintis turunan dari Perda tersebut berupa Peraturan Gubernur (Pergub) yang akan membahas terkait pembentukan lembaga kewirausahaan pemuda.

“Karena memang Perda sifatnya masih umum, maka harus ada turunannya. Kami juga sedang mencanangkan Pergub tentang Sekolah Olahraga, Pergub tentang Pekan Olahraga Daerah, dan Pergub tentang Sport Science,” bebernya.

Engkus yang juga mantan aktivis KNPI mengerti betul kegelisahan para pemuda yang membutuhkan regulasi untuk pijakan menempa diri. Apalagi melihat peliknya tantangan di masa mendatang.

Dalam upaya pembangunan kepemudaan, Dispora Jabar juga telah telah memiliki kawasan olahraga bersanama Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu (SPORT) Jabar yang berlokasi di Arcamanik, Kota Bandung. Diresmikan pada 2017 silam.

Baca juga :  Musyawarah Perwakilan Pengisian BPD Mujur

Di SPOrT ini tak hanya tersedia berbagai gedung dan fasilitas olahraga, tetapi Kantor Dispora Jabar juga berada di situ. “Karena memang kami ingin mengoptimalkan usaha pengembangan pemuda, maka kantor juga dijadikan satu tempat di SPOrT ini,” tandasnya.

Kontributor : Marsandi Korwil Kicau Jateng

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru