oleh

Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2019 Kota Tangerang Kembali di Gelar di MTS Negeri1 Kota Tangerang

Kota Tangerang, Kicaunews.com – Kementerian Agama Kota Tangerang kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 tingkat Kota. Kegiatan tahunan ini dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Tannerang yaitu di kompleks Pendidikan Kota Tangerang Jl Perintis Kemerdekaan Cikokol Kota Tangerang. Acara yang di gagas oleh Kementerian Agama pusat ini melombakan 3 mata pelajaran dari pelbagai tingkat pendidikan yaitu tingkat Madrasah Ibtidaiyah(MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), Madrasah Aliyah(MA/SMA). Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi. (Sabtu, 20/09/2019).

Pembukaan Kompetisi dilakukan secara langsung oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang, Drs. H. Dedi Mahfudin, M.Si. selaku penangggung jawab kegiatan tingklat kota. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan bahwa sesungguhnya semua peserta sudah menjadi juara, karena merupakan pilihan atau selesksi dari KKM masing-masing dimasing-masing wilayah dan telah mengikuti seleksi di jenjang sebelumnya. Oleh karena sebagai pembuktian prestasi. peserta diikutsertakan dalam kompetisi tingkat kota, selanjutnya provinsi, dan akhirnya tingkat nasional.

Lebih lanjut Kepala Kemenag menegaskan bahwa proses pembelajaran di madrasah setempat menjadi ujung tombak para siswa untuk berprestasi di jenjang yang lebih tinggi. Sistem pendidikan nasional yang telah diatur sedemikian rupa dan kemauan para guru dalam mentranfer pengetahuannya kepada masyarakat dalam hal ini siswa menjadi vital. Oleh karena semua tenaga pendidikan di pelbagai jenjang harus mengaktualisasikan pengetahuan dan kemampuannya kemudian diintegrasikan dengan pemahaman religi sehingga muncul integrasi pengetahuan umum dan agama. Inilah yang menjadi basic munculnya Kompetisi Sains Madrasah yang saban tahun dilaksanakan di setiap KKM, kota/kabupaten, provinsi, dan nasional.

Dalam sambutan lain, Ketua Komite KSM Kota Tangerang, Bapak Ade Zaenudin, S,Ag, MA melaporkan bahwa peserta yang ikut pada kompetisi ini kali sebanyak 214 peserta, dari 81 Madrasah yang meliputi : MI, MTs dan MA se-Kota Tangerang. Nantinya Para pemenang dalam KSM tingkat Kota Tangerang ini akan menjadi utusan atau melanjutkan ke Kompetisi Sains Madrasah di tingkat Propinsi Banten yang akan dilaksanakan pada Tanggal 15 Agustus 2019. Adapun para pemenang di tingkat Propinsi akan diikutkan di KSM tingkat Nasional di Manado pada tanggal 16-20 September 2019.

Baca juga :  Peserta Lomba Tingkat MTs Se- Kabupaten Ciamis Ikuti Kompetisi Sains Madrasah

Para peserta yang ikut dalam Kompetsisi Sain Madarasah 2019 ini datang dari pelbagai madrasah yang ada di Kota Tangerang. Sedikitnya ada 1 KKM tingkat MI dengan jumlah angota lebih kurang 40-an Madrasah yang tersebar di 13 Kecamatan, 3 KKM tingkat MTs, dengan jumlah anggota 35 Anggota KKM, dan 2 KKM tingkat MA dengan anggota lebih kurang dari 20an anggota.

 

 


Daftar pemenang Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kota Tangerang adalah sebagai Berikut:
TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH

Bidang Matematika Terintegrasi
Erika Tri Hapsari dari MI AlMagfiroh,
SASKIA AULIA RAMADANI dari MI AL ISLAHUDDINIYAH, MIR’ATUL AUFA dari MI AL MAGHFIROH

Bidang Sain IPA terpadu
LINTANG NIRMAYA dari MIS NURUL IMAN
DEVITA PUTRI SUSILOWATI dari MIS AL HUSNA
ALMIRA LEYLANI FATIMATUZZAHRA dari MIS DARUL HASAN

TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH

Bidang IPA Terintegrasi
1. ROOFIDO ZAHRAN HENDES dari MTSN 1 KOTA TANGERANG
2. DAFFA ZAIDAN AZMI dari MTSN 1 KOTA TANGERANG
3. FAWAZ RATNA DEWI dari MTS MATHLAUL ANWAR

Bidang IPA Terpadu Terintegrasi

GHANIYA SYANINDITA SAFIRA dari MTS AT-TAQWA,M DANTA NAUFAL RAFIF dari MTSN 1 KOTA TANGERANG,MAULIDA NIZHFIYA dari MTS AT TAQWA

Bidang IPS Terpadu Terintegrasi
LAULA HADANA MAHTADANIA dari MTS AT-TAQWA, IMARA GHAFIRA dari MTSN 1 KOTA TANGERANG, ISTANTI RAUFIAWAN PUTRI dari MTSN 2 KOTA TANGERANG

TINGKAT MADRASAH ALIYAH
Bidang Matematika Terintegrasi
BERLIANA PUTRI SUSANTI dari MAS AL-IJTIHAD SYAIFUL INSAN dari MAN 2 KOTA TANGERANG, SALSABILA CHAIRUNNISA dari MAN 1 KOTA TANGERANG.

Bidang Fisika Terintegrasi
VIQY PANDU WANDA BAYU dari MAS JABAL NUR UNIVERSAL
KHARISMA SALSABILA dari MAS NURUL FALAH, ZAHRA ADIRA dari MAS AT TAQWA

Bidang Biologi Terintegrasi
TAZKYIA RAMADANIA SOFA dari MA AL AZHAAR UMMU SUWANAH
SALWA AMALIYAH dari MAN 2 KOTA TANGERANG, LAILA ANGGRAINI dari MAS AL KAMIL

Baca juga :  Program PINTAR Tanoto Foundation Disambut Baik Pemerintah

Bidang Kimia Terintegrasi
MUHAMMAD NAUFAL AKMAL NUGRAHA dari MAN 2 KOTA TANGERANG,
MERI AULIA dari MAS NURUL FALAH,
RIZKI AMALIA PUTRI dari MAS JABAL NUR UNIVERSAL

Bidang Ekonomi Terintegrasi
SAIDAH IKLIAH dari MA AL MASFURIYAH,
KHARISMA SEVI dari MAN 2 KOTA TANGERANG, IKHSAN NURDIANSYAH dari MAN 1 KOTA TANGERANG

Bidang Geografi Terintegrasi
FATIHATUL FUADIYAH SYAMSUDIN dari MAN 1 KOTA TANGERANG, MUHAMMAD ALDI GUNAWAN dari MAN 1 KOTA TANGERANG,
ADRIAN MAULANA YUSUF dari MAS AT TAHIYYAH. (DIN_pin)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru