oleh

Pembukaan Latsar Resimen Mahasiswa Mahadasa Aceh, Begini Pesan Danlaud SIM

BANDA ACEH, KICAUNEWS.COM — Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., secara resmi membuka Latihan Dasar Resimen Mahasiswa (Latsar Menwa) Mahadasa Aceh Tahun 2019 di Lapangan Upacara Lanud Sultan Iskandar Muda pada Selasa (16/7). 

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Danlanud Sultan Iskandar Muda Resimen Mahasiswa adalah Resimen Pendidikan yang merupakan salah satu wadah pembibitan sikap dan kepribadian mahasiswa yang penuh tanggung jawab serta kedisiplinan lewat penempaan latihan fisik, mental dan kegiatan lainnya guna mendukung masyarakat kampus yang intelek dan berwawasan luas dalam pembangunan bangsa dan Negara kedepannya.

Ini adalah semangat juang Resimen Mahasiswa dalam mottonya Widya Castrena Dharma Siddha,” katanya yang berarti penyempurnaan kewajiban dengan ilmu pengetahuan dan keprajuritan sekaligus sebagai bukti nyata pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melahirkan sarjana-sarjana yang berwatak ksatria dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan bangsa.

Segeralah menyesuaikan diri dengan lingkungan militer, lanjutynya, yang segala sesuatu berdasarkan aturan dan perintah. “Karena bersifat pelatihan dasar, sehingga saudara-saudara sekalian harus mindset ulang cara berpikir, pola pikir kalian sebagai mahasiswa yang memiliki jiwa keprajuritan,” tegasnya

Tidak hanya itu, sambung Hendro mengatakan,  banyak manfaat dan pengalaman berharga selama pelaksanaan latihan dasar ini dalam beberapa hari kedepan.

Kurang lebih selama dua minggu kegiatan ini berlangsung di lingkungan Lanud Sultan Iskandar Muda yang diikuti sebanyak 48 peserta terdiri dari mahasiswa/I dari Unsyiah, UIN Araniry, Unimal, UTU, Unsam, ISBI, IAIN Cot Kala dan IAIN Malikul Saleh yang akan dibekali materi seperti sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, pengamanan wilayah dan pangkalan, organisasi staf TNI, intelijen, peraturan militer dasar, navigasi, senam militer, bela diri dan lain sebagainya. 

“Materi-materi ini sangat menarik dan perlu keseriusan dalam mempelajarinya, sehingga saya tekankan untuk konsentrasi penuh selama pelaksanaan pelatihan dasar ini dan bertanyalah kepada instruktur atau pelatih seandainya terdapat hal-hal yang belum jelas,” ujarnya.

Turut hadir dalam upacara pembukaan ini Wakil Raktor 3 Unsyiah Dr. Alfiansyah Yulianur, Kabag Kemahasiswaan Unsyiah Agus Sanny, Pembina Menwa Unsyiah Enzus Tinianus, Alumni Menwa UIN Araniry Andi Marlan dan pejabat Lanud Sultan Iskandar Muda.(Red/Rilis)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru