oleh

Keren, PKM Tambun Gagas Metode ASKA-ICUT SELALU PAS

Kab.Bekasi, Kicaunews.com – Rendahnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun di sebagian kalangan masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Tambun, Kab.Bekasi menggagas sebuah metode penyuluhan yang atraktif, menyenangkan dan berorientasi pada pembangunan karakter dan penanaman jejak memori untuk jangka panjang.

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Tambun, dr Novrizal kepada kicaunews.com mengatakan metode yang dimaksud adalah  ASKA – ICUT  SELALU PAS yang merupakan sebuah varian program penyuluhan khas PKM Tambun, Tambun Selatan, Kab. Bekasi.

“Program ini diberi title ASKA-ICUT SELALU PAS, akronim dari Aku Sehat KArena Aku Ingat CUci Tangan SELALU PAkai Sabun,” ucap dr.Novrizal menjelaskan di ruang kerjanya, Jumat (12/7/2019).

Harapannya, dengan metode ini  anak – anak Indonesia peduli dengan kesehatan dan memiliki kebiasaan cuci tangan pakai sabun sedini mungkin sehingga kebiasaan ini terbawa ke masa depan.

Kata Kepala PKM Tambun ini, konsep intervensi pada usia dini (Golden Period) dengan menerapkan metode yang atraktif dan menyenangkan diharapkan bisa mewujudkan anak – anak Indonesia yang terbiasa hidup sehat dengan terbiasa cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Konsep yang dipakai dalam metode ini adalah Stimulasi maksimal visual, auditory dan kinestetik secara bersamaan. Kata Novrizal, berdasarkan  penelitian cara seperti ini akan meningkatkan kemampuan sistem mengingat sesuatu yang diajarkan.

Program ini sudah berlangsung sejak 3 tahun yang lalu menyasar semua TK/PAUD dan SD yang ada tanpa kecuali, dan menjadi sebuah acara yang ditunggu tunggu siswa/i di TK dan SD se wilayah kerja PKM Tambun.

Bagi PKM Tambun ini juga bagian dari refreshing, nonton bareng, ngobrol, nyanyi bersama, senam bersama, bermain dan praktek bersama.

“Dengan ada 2 kesempatan yang akan dilewati oleh anak anak dalam kehidupannya, mendapat sosialisasi CTPS, kita berharap mereka akan punya jejas memori yang cukup dalam utk dibawa dalam kehidupannya mereka,” pungkas dr. Novrizal semangat. (fie)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru