oleh

Sulit Melepas Anak untuk Mondok Ke Pesantren? Ingatlah Hal Ini!

KICAUNEWS.COM– Tidak ada orang tua yang benar-benar siap untuk hidup berjauhan dengan anaknya, walaupun sang anak tersebut hendak dalam upaya mencari ilmu agama di pesantren. Maka, ada beberapa hal yang perlu diingat orang tua untuk menguatkan diri agar ridho dengan penuh keihklasan untuk melepas sang buah hati untuk belajar di pesantren.

Beruntunglah setiap orang tua yang mempercayakan anaknya pada pesantren. Bukanlah hal mudah melepas kepergian sang anak, namun apabila sang orang tua mengingat hal-hal berikut, maka insya Allah semua perpisahan tersebut akan berganti dengan meraih keridhaan karena Allah Ta’ala.

1. Perpisahan sementara untuk pertemuan yang lebih kekal

Hendaknya para orang tua mengingat bahwa perpisahan dengan anaknya di dunia ini hanyalah sementara, karena jangan sampai nanti dipisahkan di akhirat yang lebih kekal. Jadi perpisahan selama sang anak berada di pesantren adalah perpisahan untuk pertemuan di surga Allah yang lebih kekal, karena apabila anak pandai dalam ilmu agama, maka orang tua insya Allah akan memiliki anak sholeh yang akan selalu mendoakan dengan pahala yang tidak terputus walau kematian memisahkan.

2. Mempertahankan akidah anak

Hidayah Islam yang telah dimiliki sang anak perlu dijaga, maka pesantren adalah salah satu tempat yang bukan hanya senantiasa menjaga akidah seorang anak, melainkan juga sebagai tempat yang akan selalu memperdalam keimanan kepada Allah SWT.

Dengan alasan kuat ini, seorang ibu terutama harus menguatkan hatinya untuk menghadapi perpisahan sementara tersebut. Karena hidayah Allah, tidak ada seorang pun yang dapat membelinya, dan kewajiban orang tua adalah menjaga agar hidayah Islam yang sudah dimiliki sang anak tetap terjaga.

3. Melindungi akhlak anak

Baca juga :  Kapolsek Sindangkerta Sosialisasikan 3M Dalam Operasi Yustisi Covid 19

Menjadikan anaknya pribadi yang berakhlak mulia haruslah menjadi motivasi yang kuat dalam diri orang tua, karena pergaulan anak-anak yang mengatakan “anak zaman now” ini sudah teramat sulit untuk dikendalikan. Benteng kuat pesantren dan orang tua yang selalu memberi contoh yang baik kepada sang anak, insya Allah akan menjadi perpaduan yang hebat yang akan membentuk pribadi mulia pada sang anak.

Apalah arti perpisahan sementara dengan sang buah hati apabila dibandingkan dengan anak sholeh yang akan didapatkan orang tua. Apalah arti menangis dari perpisahan sementara ini daripada menangisi jasad anak yang su’ul khotimah selama-lamanya. Naudzubillah min dzalik.

Untuk menguatkan sang anak yang jauh dari keluarga, orang tua harus lebih kuat. Untuk membuat anak ikhlas belajar di pesantren, maka orang tua harus lebih ikhlas. Jangan beratkan langkah mereka untuk menimba ilmu di pesantren, melepas mereka dengan senyuman adalah salah satu cara untuk menguatkan hati dan meringankan langkah mereka.

Sb,Bernas Id

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru