oleh

Hadapi PHPU Pileg 2019 Di MK, KPU Siapkan Lima Tim Kuasa Hukum

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — pada Jumat (5/72019) sore, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sambangi Mahkamah Konstitusi menyerahkan dokumen-dokumen jawaban dan alat bukti terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019.

Dua Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan dan Hasyim Asyari didampingi ketua tim kuasa hukum mereka, Ali Nurdin secara simbolis menyerahkan seluruh dokumen dan alat bukti ke meja panitera.

Adapun alat bukti yang diserahkan KPU mencapai 100 buah kotak kardus. Isinya antara lain terdiri dari data pendukung, dokumen, termasuk di dalamnya formulir C1 TPS yang disengketakan.

Hari Jumat sendiri adalah waktu yang ditetapkan oleh MK sebagai batas akhir penyerahan jawaban Termohon soal PHPU Pileg 2019.

Untuk itu, dalam menghadapi gugatan-gugatan pada PHPU, KPU menyiapkan lima tim kuasa hukum

“Kami (KPU red) menyiapkan lima tim kuasa hukum untuk menghadapi PHPU Nanti. Basis atau dasar yang kami gunakan, tim ini adalah menangani partai politik (parpol),” ujar Komisioner KPU, Hasyim Asyari, di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).

Hasyim menuturkan, Masing-masing tim kuasa hukum itu akan menangani sekitar lima parpol. Khusus untuk PHPU di tingkat DPD, KPU menyiapkan satu tim hukum sendiri.

Menurut Hasyim, KPU di setiap tingkatan telah mempersiapkan diri untuk menghadapi persidangan ke depan. “Baik jawaban kronologi maupun alat bukti-alat bukti sementara merupakan alat bukti surat atau tulisan,” kata Hasyim.

Terkait saksi, Sambung Hasyim menjelaskan, pihaknya akan melihat perkembangan ke depan apakah diperlukan atau tidaknya saksi maupun siapa yang relevan menjadi saksi.

Senada dengan Hasyim, Wahyu Setiawan, mengatakan, pihaknya bersama tim hukum akan berupaya mempertahankan hasil pemilu yang sudah ditetapkan.

“KPU dalam posisi akan berupaya bersama tim hukum untuk mempertahankan hasil pemilu yang sudah ditetapkan oleh KPU di setiap tingkatan,” katanya.(Red)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru