oleh

Ketua KPU RI Optimis Hadapi Sengketa Walau Kuantitas PHPU 2019 Menurun

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Usai sengketa Pilpres 2019 diputus beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menghadapi sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konstitusi (MK) mulai Selasa 9 Juli mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arief Budiman mengungkapkan ada 250 permohonan yang sudah teregistrasi di MK, angka ini jauh lebih kecil dibanding jumlah permohonan sengketa yang diajukan pada Pemilu tahun 2014.

“Pemilu 2014 datanya agak bervariasi ada 904 sengketa diajukan, 312 gugur , 26 ditarik, 542 ditolak, yang dikabulkan hanya 23,” papar Arief saat membuka kegiatan Fasilitasi persiapan hadapi sengketa PHPU Pileg di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Meski jumlah perkara pada pemilu kali ini lebih sedikit, Arief mengingatkan agar seluruh jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota tetap cermat dalam menyiapkan jawaban dan strategi advokasi.

Dia juga mengingatkan bahwa sidang di MK tidak hanya sekedar menang atau kalah tapi juga persoalan menjaga harkat dan martabat lembaga penyelenggara pemilu.

“Karena begitu kita dinyatakan salah sebenarnya bangunan yang kita bangun selama ini baik maka runtuh, tapi kalau kita dinyatakan benar saya percaya hanya soal waktu rakyat akan kembali percaya mungkin sekarang ada marah kecewa tapi saya meyakini kepercayaan itu akan tumbuh kepada kita,” pungkas pria kelahiran Surabaya. (Red/hupmas kpu)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru