oleh

Buka Sidang Putusan, Ini Kata Ketua MK

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memulai persidangan pembacaan putusan sengketa Pilpres 2019.

Sebelum membacakan putusan, Anwar Menegaskan hanya takut kepada Allah.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwa kami hanya takut kepada Allah,” kata Anwar Usman di ruang sidang MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Lebih lanjut Anwar mengatakan, MK telah berijtihad, berusaha sedemikian rupa untuk mengambil keputusan dalam perkara sengketa pilpres tersebut dimana Pengambilan putusan, sambung Anwar, didasarkan pada fakta-fakta yang terungkap dan terbukti di dalam persidangan.

“Kami akan mempertanggungjawabkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dalam surat An Nisa 58 dan 135, surat Al Maidah ayat 8 sebagaimana yang diungkapkan oleh pemohon dan pihak terkait,” ujarnya.

Anwar menyadari putusan MK tak akan memuaskan semua pihak. Namun demikian, dia meminta putusan MK tak dijadikan dasar saling hujat.

“Putusan MK tidak mungkin memuaskan semua pihak, jangan jadi ajang saling menghujat dan saling memfitnah,” ujarnya.

Lebih lanjut Anwar juga meminta pemohon, yaitu kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Paslon Nomor urut 02, mengenalkan tim hukum yang hadir.

Hal yang sama dipersilakan Anwar kepada pihak termohon, yaitu KPU, termasuk pihak terkait, yaitu kubu Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin serta Bawaslu.

Untuk diketahui, Dalam sidang MK, tim hukum Prabowo-Sandiaga dalam permohonan gugatan hasil Pilpres 2019, salah satunya, meminta MK mendiskualifikasi capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. Prabowo-Sandiaga dalam petitumnya juga memohon ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru