oleh

PT. Budi Agung Diduga Buang Limbah, Satgas Citarum Harum Tutup Mata

Kab. Bandung, Kicaunews.com – Ditengah gencarnya pemerintah menggalakan sosialisasi Citarum Harum yang bebas dari sampah dan Limbah yang akan merusak ekosistem Sungai serta mencegah banjir, PT. Budi Agung Diduga buang limbah hasil produksi nya yang tanpa proses pengolahan serta apa yang telah menjadi ketentuan dari LH agar tidak membuang limbahnya sembarangan.

Sementara terbantahkan bahwa Cv Master Laundry yang selama ini didugakan oleh masyarakat, ternyata PT. Budi Agung lah yang berbuat itu.

Team kontributor kicaunews.com melakukan penelusuran dan mendapatkan bukti secara audio visual tepat dari lubang pembuangan limbah PT. Budi Agung yang pada penemuan awal team mendapati cairan limbah berwarna hitam. Pada penelusuran di hari senin (24/06/2019) sekitar pukul 11.30wib, team mendapatkan pemandangan yang berbeda tapi dari lubang pembuangan yang sama namun kali ini cairan limbah tersebut berwarna merah seperti yang team lihat dibantaran anak sungai cimande desa cangkuang kecamatan rancaekek kabupaten bandung dan yang membuat masyarakat resah dan sangat terganggu oleh bau nya yang menyengat.

Team pun mencoba mendatangi Pt Budi Agung untuk mendapatkan Statement, akan tetapi sudah dua kali team berkunjung team tidak dapat bertemu dengan orang yang berkompeten untuk menerima kami dan mendapatkan statement, dengan alasan sibuk, namun dari koordinator security yang bernama Mamah atau akrab disapa chief Mamah menjelaskan bahwa sudah bukan rahasia umum lagi jika perusahaan tempat nya bekerja membuang limbah berbahaya sembarangan, ditambahkannya pula bahwa beberapa perusahaan yang lain pun melakukan hal yang sama diantaranya pt Indoneptune, Sanotex dan PT.  Wiratama.

Selain itu menurut chief Mamah bahkan Satgas Citarum Harum pun mengetahuinya dan beberapa media online ternama diwilayah Rancaekek pun sudah mengetahui hal ini.

Baca juga :  Danrem Ajak Serta Generasi Muda Cegah Peredaran Narkoba Di TMMD Non Fisik

Menurut salah satu satgas Citarum Harum yang juga Babinsa desa Cangkuang, Ade saat dikonfirmasi via whatsup dan tlp menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengetahui dan perusahaan yang terkait sedang dalam pengawasan satgas Citarum Harum.

“Bahwa PT. Budi Agung sedang melakukan renovasi tempat pengolahan limbahnya,”terang ade

Lalu jika sudah mengetahui hal tersebut kenapa tidak dilakukan tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku?.

Ditempat yang berbeda via chatting whatsup Serka Nurwan yang adalah Dansektor 21 Rancaekek menyampaikan kami setelah mengetahui hal ini pihaknya akan melakukan tindakan secepatnya. Singkatnya

Plt. Kepala Desa Cangkuang Abdul Kohar yang ditemui di Kantor Desa Cangkuang menyampaikan bahwa dirinya berterimakasih kepada team media kicaunews yang telah berpartisipasi memantau serta memberikan informasi karena dirinya yang baru satu bulan menjabat sebagai Plt Kepala Desa Cangkuang belum sempat untuk ke lapangan.

“Nanti kami beserta perangkat dan aparat setempat akan berkunjung secepatnya ke perusahaan perusahaan yang diduga tersebut,”terangnya

Namun kejadian yang disampaikan oleh masyarakat dan sudah dirasakan dampaknya oleh masyarakat ini sudah berlangsung lama, lalu siapakah yang lalai atau sengaja tutup mata?.

Team kontributor kicaunews tidak akan berhenti di sini dan akan terus melakukan penelusuran serta mendatangi instansi terkait untuk mendapatkan statement terkait hal ini.

Kontributor : Asep Nana/Ningsih/Ahmad Daniel

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru