oleh

Oknum Desa Sadeng Diduga Lakukan Pungli Terhadap Program PTSL Pada Masyarakat

Bogor, Kicaunews.com – Dugaan pungutan liar (pungli) pada program pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) di desa Sadeng kecamatan Lewi Sadeng.

Praktek pungli di duga di lakukan oleh sejumlah oknum di desa, program sertifikat tanah yg di canangkan oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang Indonesia atau di kenal dengan program Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) sangat rawan akan terjadinya praktek pungli.

Program yang di canangkan oleh pemerintah pusat bertujuan untuk membantu masyarakat agar hak atas tanahnya menjadi resmi dan berstatus sertifikat, namun sayangnya di manfaatkan menjadi ajang mencari keuntungan pribadi oleh ulah para oknum panitia panitia yg tidak bertanggung jawab.

Seperti yg terjadi di desa Sadeng kecamatan Lewi Sadeng ,yg di alami oleh nara sumber ber inisial (dj) dan (at) mereka harus merogoh kantong Rp1.000.000.- 4.500.000,-.

Untuk itu kejaksaan diharapkan untuk melakukan penyelidikan terhadap indikasi penyelewengan PTSL 2016 lalu, sebab sejumlah warga yg saat itu berniat membuat sertifikat tanah dalam program PTSL, justru di mintai uang sebesar Rp 1.000.000 – 4.500.000,-
oleh oknum panitia.

Pungutan yg di ambil dari masyarakat melebihi dari peraturan yg sudah ditetapkan oleh pemerintah
program PTSL ini, yaitu pemohon hanya di wajibkan membayar Rp 150.000,- sesuai intruksi presiden

Kontributir : Syam

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru