oleh

Tingkatkan Kapasitas Pengguna SIJAPTI Instansi Pemerintah, KASN Buka Layanan Coching Clinic

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Komisi ASN terus berbenah dalam meningkatkan layanan publiknya untuk memberikan kemudahan, kecepatan, ketepatan dan efisiensi anggaran kepada para stakeholdersnya khususnya dalam proses tahapan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi pada Instansi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah.

Atas dasar itu, Komisi ASN pada tahun 2017 telah melaunching Aplikasi Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi atau dikenal SIJAPTI. Dengan aplikasi Sijapti ini, Instansi pemerintah yang semula mengajukan permohonan pengisian jabatan pimpinan tinggi dengan dokumen yang banyak dan tentunya tebal dan berat secara langsung ke Komisi ASN di Jakarta,  berubah menjadi pengajuan secara online.

Tentunya perubahan sistem ini bermanfaat sekali dan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas tata kelola pengisian JPT. Para pelaksana khususnya dari daerah tidak perlu datang ke Jakarta dengan mengeluarkan  biaya tinggi dan waktu panjang untuk berkonsultasi atau mendapatkan persetujuan atau Rekomendasi KASN.

Keseluruhan proses seleksi, mulai dari konsultasi, penyampaian dokumen rencana seleksi dan laporan hasil seleksi, serta dokumentasi database JPT cukup dilakukan melalui aplikasi SIJAPTI.

Dalam rangka percepatan pencapaian target 100 % penggunaan Aplikasi SIJAPTI pada tahun 2019, selain melakukan sosialisasi, Komisi ASN membuka layanan Coaching Clinic pemakaian SIJAPTI yang dijadwalkan setiap hari Selasa minggu kedua Pukul 09:00 -12:00 setiap bulannya yang bertempat di Kantor komisi ASN Jakarta Selatan. Layanan ini tidak dipunggut biaya, peserta datang dengan membawa laptop masing-masing dan Instruktur KASN siap memberikan bimbingan (coach), sampai peserta betul-betul paham dan siap mengoperasionalkannya. Setelah pelatihan peserta tetap bisa berkonsultasi kapan saja melalui aplikasi atau sarana media sosial yang ada dengan pengelola SIJAPTI KASN.  

Terkait Coaching Clinic SIJAPTI, setiap instansi pemerintah yang akan mengirim pegawai yang ditunjuk  untuk menjadi peserta coaching clinic yang nantinya akan mengoperasionalkan aplikasi SIJAPTI, agar disertai surat penugasan yang menyebutkan identitas sekuran-kurangnya menyebutkan identitas peserta (Nama, NIP, Jabatan, alamat email, No. HP) yang ditandatangi oleh Sekretaris Daerah pada Instansi Pemerintah Daerah atau  paling kurang Kepala Biro Kepegawaian pada Instansi Pemerintah Pusat. Diharapkan sebelum mengikuti coaching clinic, instansi pemerintah/peserta menghubungi Pengelola SIJAPTI KASN atas nama Sdr. Bona Pardede (Nomor HP.081317150221, alamat email: bona.p@kasn.go.id).

Berdasarkan data base JPT pada Aplikasi SiJAPTI bulan Mei 2019,   Instansi Pemerintah yang sudah terdaftar pada SIJAPTI berjumlah 519 Instansi Pemerintah yang terdiri dari 32 Kementerian 36 LPNK dan LNS, 34 Provinsi, 338 Kabupaten dan 79 Kota. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa tingkat penggunaan SIJAPTI oleh pemerintah pusat masih kecil prosentasenya dibandingkan dengan pemerintah daerah.

Tentunya hal ini perlu mendapat perhatian yang serius khususnya terhadap para Sekjen atau Sestama (Pyb) yang bertanggungjawab dalam proses pegangkatan, pemindahan, dan pemberhentian ASN dari jabatan pada Instansi Pemerintah. Diharapkan bagi instansi pemerintah yang belum terdaftar pada aplikasi SIJAPTI untuk dapat segera mendaftarkan instansinya ke Komisi ASN melalui pokja Monitoring dan Evaluasi dengan mengirimkan SK Penunjukan Operator SIJAPTI beserta biodata Operator SIJAPTI dari instansi terkait (yang berisi nomor HP dan alamat email yang dapat di hubungi) melalui email sijaptihelpdesk@kasn.go.id. Komisi ASN tidak akan memproses pengajuan rekomendasi  pengisian JPT, apabila tidak dilakukan melalui aplikasi SIJAPTI. (Red/NA/PA/KomisiASN).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru