oleh

Tingkatkan Kualitas Riset, LLDIKTI Wilayah III Gandeng Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Gelar Workshop

JAKARTA KICAUNEWS.COM — Sebagai wujud dari penguatan riset lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  Wilayah III DKI Jakarta menjadi inisiator sekaligus tuan rumah acara “Workshop” Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian,” bersama Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, yang di hadiri oleh 80 orang perwakilan dari perguruan tinggi, di kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Pada Selasa (28/5/2019)

Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ocky Karna Radjasa mengatakan, dalam hal riset dasar terdapat 21.000 proposal yang diajukan, namun setelah di seleksi, hanya kurang lebih 9.700 saja yang lolos.

“Angka ini menunjukan bahwa kompetisi dan seleksi pendanaan penelitian sangat ketat,” Imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris LLDIKTI Wilayah III, Samsuri menambahkan, agar acara ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan.

“Mengingat jumlah binaan perguruan tinggi di bawah lingkungan LLDIKTI WIlayah III hingga april 2019 ini berjumlah 316,” Katanya.

Samsuri menambahkan, Tridharma Perguruan Tinggi menjadi kunci utama dalam hal penjaminan  mutu Perguruan Tinggi di mana 2 diantaranya adalah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Pengembangan perolehan hibah penelitian dari Kemenristekdikti oleh Perguruan Tinggi di bawah LLDIKTI Wilayah III terus meningkat dari tahun ke tahun, yaitu tahun 2018 sebesar 48,8 miliar rupiah menjadi 70,7 miliar rupiah pada 2019. Sedangkan dalam hal pengabdian masyarakat di tahun 2018 sebesar 2 miliar rupiah menjadi 3,96 miliar rupiah.

Namun demikian, LLDIKTI Wilayah III terus berupaya melakukan fasilitasi peningkatan mutu penelitian dan pengabdian masyarakat.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru