oleh

Kapuspen Kemendagri: Wakil Bupati Ende Akan Diangkat Menajdi Plt Gantikan Almarhum

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pasca Meninggalnya Bupati Ende yang meninggal dunia ketika sedang melaksanakan tugas kedinasan di Kupang, Nusa Tenggara Timur di Rumah Sakit Siloam Kupang sekitar pukul 02.10 WITA pada minggu 26/5/2019 kemarin karena serangan jantung direspon Cepat Kemendagri.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, DR. Bahtiar saat dikonfirmasi pada Senin Malam menuturkan, Wakil Bupati Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jafar H Achmad, akan diangkat sebagai pelaksana tugas (Plt) menggantikan Bupati Ende Marselinus YW Petu yang meninggal dunia.

“Secara Otomatis, Wakil kepala daerah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Untuk meneruskan Kepemimpinan,” Ujar Kapuspen.

Lebih jauh dijelaskan Kapuspen, wakil bupati akan dilantik sebagai bupati dengan mekanisme melalui sidang paripurna di DPRD setempat.

“Pemda yang akan memberitahu kepada DPRD. Sidang nantinya dilaksanakan sesuai agenda DPRD setempat. Kemudian, wakil bupati yang telah menjabat sebagai Plt akan diusulkan menjadi bupati,” Kata Kapuspen.

Tidak hanya itu, Sambung Kapuspen, Hasil Sudang DPRD pun Diusulkan pemberhentian dengan hormat yang meninggal kepada Mendagri melalui gubernur. “Diusulkan wakil bupati yang sekarang Plt Bupati menjadi Bupati Ende hingga akhir masa jabatannya selesai,” ungkapnya.

Berikutnya, Lanjut Kapuspen, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) perihal pemberhentian dengan hormat Bupati Ende Marsel dan Mendagri juga akan menerbitkan SK pengangkatan wakil bupati menjadi Bupati Ende, hingga akhirnya dilantik oleh Gubernur NTT.

“Mendagri terbitkan SK pengangkatan wakil bupati yang Plt bupati menjadi Bupati Ende dan Gubernur NTT lantik wabup menjadi bupati sampai periode masa jabatan berakhir,” Tandas Kapuspen.(Red/Puspen Mendagri)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru