oleh

Roemah Djoeang Jakarta Utara Buka Posko Bantuan Korban Kebakaran Ancol

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Musibah selalu datang tak terduga dan apapun bentuknya menciptakan penderitaan bagi mereka yang terlanda musibah itu.

 

Seperti yang dialami sebagian warga RW 05 kampung Bandan Kelurahan Ancol beberapa waktu lalu. Pada awal Ramadhan tahun ini, Kebakaran hebat melalap ratusan rumah padat penghuni di 3 RT (11/12/13) di wilayah RW 05 yg tak jauh dari stasiun Kampung Bandan atau belakang WTC, Ancol Jakarta Utara.

 

Musibah yang diakibatkan korsleting listrik itu mengakibatkan sekitar 400 KK kehilangan tempat tinggal yang ludes di makan si jago merah. Kondisi ini menciptakan banyaknya pengungsi di tempat penampungan sementara di ruko-ruko sekitar.

 

Hal ini mendorong banyak pihak untuk membantu, tak terkecuali relawan dari organisasi Roemah Djoeang (RD) Jakarta Utara turun untuk membantu meringankan beban para korban kebakaran.

 

Sehari setelah kejadian musibah itu, relawan Roemah Djoeang Jakarta Utara segera membuka posko bantuan korban kebakaran di lokasi musibah, tepatnya di pekarangan ruko grand butik mangga dua, di sebelah lokasi kebakaran.

 

RD Utara di bawah pimpinan Erwin Hidayatulloh Al Jakartaty atau yang akrab dipanggil bang Eha, segera membentuk Satgas Posko Bantuan yang dikordinatori oleh Murniyati, seorang ibu rumah tangga. Dibantu oleh tim kecil para relawan RD seperti, Sudirman, Dadan, Mat Drany dan Nurkajit.

 

Tim satgas posko bantuan musibah kebakaran (PBMK) Roemah Djoeang Jakarta Utara ini bergerak cepat dengan menghimpun bantuan dari para relawan untuk menyediakan pakaian bekas layak pakai, bahan makanan, perlengkapan mandi, dana taktis dan lain-lain yang dibutuhkan para korban kebakaran ini.

 

“Kami prihatin dengan musibah ini, terlebih terjadi di bulan suci ramadhan mendekati hari raya. Dan yang kami lakukan ini hanya bagian kecil untuk meringankan beban saudara-saudara kita sesama warga Jakarta yg menderita,” demikian kata bang Eha sesaat setelah secara simbolik menyerahkan bantuan dari PBMK-RD Kepada perwakilan korban.

Baca juga :  Kapolsek Kiaracondong Polrestabes Bandung Resmikan Komunitas Tohaga Lodaya Ke 10

 

Ketua pengurus koordinatoriat wilayah (PKW) RD Jakarta Utara ini berharap agar musibah ini tidak terulang lagi dan menghimbau warga agar siaga dan tanggap bencana kebakaran yg memang rentan melanda kota padat seperti Jakarta ini. Selain mengajak para pihak lainnya untuk menunjukan kepedulian sosial, karena para korban rentan terserang penyakit terutama para balita.

 

Dalam kesempatan yang sama, salah satu tim satgas PBMK-RD, Sudirman, juga menghimbau untuk pihak-pihak yang ingin turut membantu korban bencana kebakaran ini sekaligus beramal shalih di bulan ramadhan. Bantuan berupa apapun untuk meringankan beban para pengungsi dapat menghubungi langsung ibu murni di no hp 0812-1229-4172 atau pak sudirman 0852-8660-7539.

 

Saat ini para pengungsi menghadapi hal dilematis, karena pihak ruko memberi batas waktu terbatas untuk menempati lahannya sementara dan segera harus kembali ke lokasi bekas kebakaran. Jadi selain kebutuhan sehari-hari, para pengungsi juga membutuhkan tenda darurat, terpal, dan selimut.

 

Semoga badai cepat berlalu dan para warga korban kebakaran dapat hidup secara normal lagi berbaur bersama warga lainnya menyongsong kehidupan yang lebih baik.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru