oleh

Wagub Sulsel Teken SK, KASN: Itu Keliru dan Fatal

KICAUNEWS.COM – Ramai dan Viralnya Soal Pengangkatan pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Prov Sulawesi Selatan Sebanyak 193 Pejabat yang dilantik Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada Senin 29 April kemarin terus bergulir perbincangan.

Dari 193 Pejabat yang dilantik, terdapat dua SK yang diterbitkan yang diteken Gubernur sebanyak 97 orang, dan SK yang diteken Wakil Gubernur sebanyak 96 orang.

“Apa yang dilakukan oleh Wagub Sulsel ini adalah hal yang keliru dan fatal,” Demikian dikatakan Asisten Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, Sumardi pada Rabu (1/5/2019) kemarin seperti dikutip dari TRIBUN-TIMUR.COM.

Sumardi menuturkan, Pasalnya setiap tindakan atau kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah harus berdasar dengan Undang-Undang yang berlaku.

“Kita bicara soal aturan nih, melihat SK yang ada menurut saya Wagub tidak berwenang untuk mengangkat, memindahkan dan memberhentikan ASN dari dan dalam jabatan. Itu wewenang Gubernur sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian,” tegas Sumardi.

Sumardi menambahkan, Hal ini tentu merugikan ASN yang di promosikan. “pasalnya itu terjadi penyimpangan dan melanggar,” Ujar Sumardi.

Sumardi membeberkan, Dalam Melakukan promosi jabatan di pemerintahan itu harus jelas tiga unsur, apakah yang menerbitkan SK memiliki wewenang, apakah tidak melanggar aturan dan bagaimana proses promosinya, serta kapabel kah ASN yang dipromosikan itu.

“hal ini bisa masuk ke sengketa administrasi kepegawaian, bisa saja pejabat yang dilantik dengan berdasar SK Wagub Sulsel tidak diakui oleh negara, dan tentu tidak memiliki wewenang dalam melakukan aktivitas pemerintahan,” Jelas Sumardi

“Ini saya lagi di Malaysia, Senin Insya Allah saya balik. Nanti kami akan dalami bagaimana di Sulsel,” Kata Sumardi menambahkan.

Sumber: TRIBUN-TIMUR.COM

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru