oleh

Melalui Tes UKK SMK IT Attaqwa 9 Ciptakan Generasi Siap Kerja, Siap Wirausaha dan Siap Kuliah

Kab. Bekasi, Kicaunews.com – Sebanyak 77 siswa SMK IT Attaqwa 9, Ujung Harapan Kab. Bekasi mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) selama dua hari Jumat dan Sabtu, tanggal 12 -13 April 2019 yang merupakan bagian dari kurikulum yang wajib diikuti seluruh siswa kelas XII sehingga lulusannya memiliki out put yang memadai dan mumpuni yang dibutuhkan masyarakat.

Menurut penuturan Kepala Sekolah SMK IT. Attaqwa 9, H. Abdul Muiz, MPd sebanyak 77 siswa tersebut terdiri dari 26 siswa jurusan akutansi,  28 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)  dan 23 siswa jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TSM).

“Program UKK ini bertujuan agar siswa siswi setelah lulus memiliki bekal keahlian yang mumpuni sehingga kelak mereka siap kerja, siap wirausaha dan siap melanjutkan kuliah sesuai keahlian yamg mereka miliki, ” ucap H. Abdul Muiz disela – sela kegiatan UKK, Sabtu (13/4/2019).

SMK IT. Attaqwa 9 yang berlokasi di Ujung Harapan Musholla Assalam Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kab. Bekasi dibawah naungan Yayasan Attaqwa Pusat yang juga merupakan salah satu sekolah yang didirikan oleh putra dari Pahlawan Nasional dari Bekasi KH. Noer Alie.

Selain itu kata Kepsek Abdul Muiz,  pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada bidang tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK IT. Attaqwa 9 yang meliputi kompetensi keahlian:
1). Akuntansi;
2). Teknik Komputer dan Jaringan;
3). Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

“UKK dilaksanakan di kelas XII pada semester genap dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), dan sikap (afektif), dan UKK kali ini dilaksanakan selama dua hari, ” ujarnya.

Baca juga :  Usai Dilantik Walikota Depok Langsung Hapus One Day No Rice

Pelaksanaan UKK itu sendiri lanjut Abdul Muiz,  dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi.

Sedangkan SMK IT. Attaqwa 9 dalam pelaksanaan UKK telah dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh Pengawas Dinas Pendidikan KCD Wilayah III Kab. Bekasi. “Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK siswa akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah SMK IT. Attaqwa 9 untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan,” beber Abdul Muiz.

Secara umum perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas :
1. Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasan bagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa;
2. Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPSP) adalah instrumen yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian.

Dalam uji UKK tersebut,  para petugas penguji berasal dari 3 perusahaan yang berkompeten. Sedangkan didalam lembar penilaian UKK memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria/rubrik penilaian.

Pelaksanaan UKK link and match dengan DU/DI dan 3 perusahaan yang bekerjasama dengan SMK IT Attaqwa 9 disesuaikan dengan jurusan :
1. Jurusan Akuntansi link and match dengan BPR Syariah HIK Bekasi;
2. Jurusan TKJ link and match dengan PT. Jasaraharja Putera;
3. Jurusan TSM link and match dengan PT. Suzuki Indomobil Sales – PT. Sejahtera Motor Gemilang Suzuki Jakarta.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan UKK bagi siswa siswi kami dapat membentuk generasi sesuai khittoh al-Maghfurlah wal-Mujahid fi Sabilillah bapak KH. Noer Alie menjadi siswa yang Benar, Pintar dan Terampil menuju sekolah yang unggul dalam Imtaq dan Terdepan dalam Iptek dengan slogan SMK bisa, SMK IT. A9 – SMK rasa pesantren,” kata Abdul Muiz mengakhiri bincangannya. (fie).

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru