oleh

Bawaslu Jakarta Timur Siap Optimalkan Patroli Pengawasan Masa Tenang

JAKARTA,KICAUNEWS. COM-Mendekati hari tenang pemilu tahun 2019. Bawaslu Provinsi mengeluarkan surat No. 317 Th 2019 tentang Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang yang akan dilaksanakan tanggal 12 April 2019. Apel tersebut diinisiasi oleh Bawaslu RI yang melibatkan 1000 personil termasuk melibatkan seluruh jajaran Pengawas Pemilu di wilayah DKI Jakarta dan akan dilaksanakan di Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Menindaklanjuti surat Bawaslu Prov tersebut, Bawaslu Kota Adm. Jakarta Timur bersama jajaran siap mengoptimalkan pelaksanaan Patroli Pengawasan Masa Tenang termasuk Politik Uang.

Anggota Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Tami Widi Astuti berpendapat ” pelaksanaan Patroli Pengawasan Masa Tenang tersebut dilakukan demi menegakan demokrasi aturan pemilu dan mewujudkan pelaksanaan pemilu yang berintegritas”

Hal tersebut dilakukan mengingat Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mengamanatkan kepada Bawaslu untuk melaksanakan pengawasan untuk memastikan tahapan pemilu berjalan sesuai peraturan.

Beberapa potensi pelanggaran yang dikhawatirkan oleh Bawaslu Jakarta Timur akan terjadi pada saat masa tenang dan mendekati hari H pemungutan suara diantaranya :
1. Money Politic/ Politik Uang.
2. APK yang masih terpasang
3. Persiapan KPPS yang belum optimal.
(termasui kebutuhan logistik)

Dengan demikian Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur akan melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran masa tenang dan merekomendasikan beberapa hal :
1. Mengajak untuk seluruh pengawas baik itu Bawaslu, Pemantau Pemilu dan Masyarakat untuk mendukung terselenggaranya Patroli Pengawasan Masa Tenang Tersebut.

2. Mengingatkan kepada peserta pemilu untuk mensukseskan pemilu dengan tidak melanggar dan tertib terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak melakukan politik uang, politik sara dan hoaks.

#CegahAwasiTindak.
#BersamaRakyatAwasiPemilu,BersamaBawasluTegakkanKeadilanPemilu.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru