oleh

Gapoktan TANI MAMUR Desa Kepel Perbaiki  Ekonomi Masyarakat Tani

Ciamis, Kicaunews.com – Gapoktan “Tani Makmur”  Desa Kepel Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis untuk mensejahterakan kelompok berbagai upaya di lakukan agar semua bantuan dari pemerintah dapat di salurkan kesetiap kelompok Tani yang tergabung Gapoktan “Tani Makmur”.

Ada lima Kelompok Tani yang tergabung dalam Gapoktan Tani Makmur : Kelompok Karyasari 1 dari dusun kepel kolot, Karyasari 2 dusun Cicurug, Karyasari 3 dusun Bojonghurip, Karyasari 4 dusun Mekarmulya , Karyasari 5 yang ada di dusun Sukalila semua kelompok tersebut di bawah bimbingan ketua Gapoktan Tani Makmur Omay Rohman.

Menurut Omay Rohman yang di dampingi Apin sekretaris  Gapoktan saat di wawancara  reporter media Online Kicaunews.com, Sabtu ( 6/4/2019) mengungkapkan Gapoktan Tani Makmur  yang membawahi 5 kelompok tani bertujuan untuk memajukan para petani dalam membenahi tarap ekonomi kearah yang lebih baik.

“Saya bekerja sama dengan anggota kelompok yang  terakomodir di Gapoktan Tani Makmur dalam mengelola bantuan dari pemerintah baik yang berbentuk sarana ataupun prasarana kelompok ,ataupun bantuan  berupa anggaran di kelola sebaik mungkin,”ucapnya

Gapoktan “TANI MAMUR sudah  beberapa kali mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah  melalui dinas Pertanian  diantaranya bantuan prasarana Lumbung padi tahun 2014, bantuan benih jagung untuk garapan seluas 20 Haktare.

“Alhamdulilah bantuan tersebut sudah terserap oleh masyarakat yang di gelontorkan  melalui dinas terkait untuk selanjutnya  di salurkan ke  kelompok yang tergabung dalam Gapoktan Tani Makmur,”katanya.

Selain itu pula  Gapoktan  ” TANI MAKMUR “  sudah medapatkan Bantuan melalui  Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Bantuan yang di gelontorkan tersebut yaitu Bantuan Pengembangan usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) yang di alokasikan untuk kesejahteraan anggota kelompok yang bergerak di bidang Holtikutura, perikanan, pertenakan dan juga perdagangan.

“PUAP yang merupakan program kementerian pertanian bagi petani di perdesaan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan dengan memberikan fasilitas bantuan modal usaha untuk petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang salah satu tujuannya yaitu memberikan kepastian akses pembiayaan kepada petani anggota Gapoktan, bisa berjalan dengan baik,”terang Omay .

Baca juga :  Rapat Koordinasi DPD LIN 14 Jateng, Dihadiri oleh Segenap Pengurus dan Para Anggota

Ia juga menambahkan dalam kinerja Gapoktan Tani Makmur , bekerjasama dengan kelompok yang ada untuk berjalannya kelompok komunikasi yang baik tetap terjalin semua itu untuk kemajuan kelompok agar lebih sejahtera untuk meningakatkan hasil tani yang maksimal .

“Melalui  Bantuan dari pemerintah baik itu berupa bantuan Holtikutura ataupun bantuan dana salah satunya PUAP yang  sudah di salurkan kesetiap kelompok yang tergabung dalam Gapoktan TANI MAMUR  untuk mengurangi kemiskinan, melalui penumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha agribisnis di pedesaan sesuai dengan potensi wilayah, ini sudah berjalan,”imbuhnya

Adapun Menurut  Apin sekertaris Gapoktan Tani Mamur dengan adanya Bantuan dari pemerintah untuk lebih  Memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi perdesaan untuk pengembangan kegiatan usaha agribisnis, dengan  Meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses ke permodalan di ruang lingkup 5 kelompok tergabung dalam Gapoktan TANI MAMUR sudah berjalan baik. Tuturnya.

Harapannya melalui kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan  untuk kedepan dengan adanya bantuan dari pemerintah melalui Dinas terkait kelompok kelompok  tani yang ada di desa Kepel  bisa lebih maju untuk kesejahteraan anggota kelompok khususnya pada umumnya masyarakat bisa lebih baik tarap perekonomiannya.

“Selain itu juga kami mengajak ke seluruh kelompok, kita saling jalin komunikasi saling memberikan masukan agar dalam kelompok bisa mendapatkan titik terang dan kondusifitas untuk menjadikan masyarakat yang mampu mandiri  dalam peningkatan ekonomi mayarakat ke arah yang lebih baik,”tegas omay Rohma (Yat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru