oleh

Liburan ke Sankt-Peterburg, Pintu Gerbang Peradaban di Timur Eropa

KICAUNEWS.COM — Jauh sebelum Moskow dideklarasikan sebagai Ibu Kota Rusia, Sankt-Peterburg sempat jaya selama 200 tahun sebagai pusat pemerintahan di bawah komando Peter I. Sankt-Peterburg menjelma sebagai kota modern dengan gaya Barat oleh hasil tangan dingin Peter I

Gedung-gedung tua yang dibangun pada masa Peter The Great di pertengahan abad 18, masih berdiri kokoh di tengah peradaban milenial. Gondola dan kapal kecil yang menyusuri sungai Neva dapat menjadi wahana waktu untuk merasakan keelokan Sankt-Peterburg dengan suasana kejayaan Imperium Rusia pada masa itu.

Segelas Vodka dengan campuran air lemon sebagai perisa, dinilai cukup untuk mencicipi peradaban kota yang terletak di ujung barat negeri Beruang Merah tersebut. Hampir bersentuhan dengan kebudayaan Eropa Utara dan Tengah, Sankt-Peterburg menjadi pintu gerbang dari Eropa Barat untuk mengenal kebudayaan Eropa Timur.

Jauh sebelum Moskow dideklarasikan sebagai Ibu Kota Rusia, Sankt-Peterburg sempat jaya selama 200 tahun sebagai pusat pemerintahan di bawah komando Peter I. Sankt-Peterburg menjelma sebagai kota modern dengan gaya Barat oleh hasil tangan dingin Peter I yang bercita-cita mengkloning semua hal modern untuk diterapkan di Rusia agar terlihat maju dan sudah beradab. Di Sankt Peterburg, Anda dapat menikmati nuansa Eropa Barat di tanah Rusia lewat arsitektur bangunan serta puluhan monumen dan istana yang menjadi gaya hidup Barat sebagai tanda kemenangan pasca-perang. Selain itu, di tempat inilah Anda juga akan merasakan ke-bipolar-an Rusia dalam menghadapi hegemoni dunia.

Mengunjungi Situs Kesenian

Menginjakkan kaki di Sankt-Peterburg, Anda diharapkan siap untuk meninggalkan hiburan modern seperti halnya menyaksikan layar lebar untuk menonton film-film yang sedang diputar saat ini. Datanglah untuk membeli tiket pertunjukan teater, balet, opera, dan pertunjukan seni lainnya di Mariinsky Teatr untuk menggali lebih dalam karakter bangsa Rusia yang menganggap hiburan di teater merupakan hiburan kelas atas yang patut untuk dicoba oleh berbagai kalangan. Mariinsky Teatr aktif untuk pertama kalinya di tahun 1860 sebagai wadah pertunjukan seni. Tempat ini telah menjadi saksi bisu karya-karya Tschaikovsky saat masih menjadi komposer muda.

Menilik Megahnya Istana

Baca juga :  10 Provinsi Pemenangan Pilkada 2018 Versi Hitung Cepat, LSI Denny JA

Istana Musim Dingin

Mencoba menjadi priayi Rusia dengan menyaksikan pertujukan seni di Mariinsky, lanjutkan perjalanan Anda ke beberapa istana seperti Istana Musim Dingin. Menelusuri istana tersebut membuat Anda merasa memakai jubah kepangeranan Imperium Rusia untuk saat itu. Bermodalkan 600 Rubel, Anda dapat menikmati gaya barok abad 18 yang menyelimuti istana-istana tersebut. Setelah berdiri dan menopang kehidupan istana selama lebih dari seratus tahun, akhirnya menyandang nama museum sejak Revolusi Oktober 1917.

Peterhof Palace

Selain itu istana bangsawan lainnya yang dapat Anda kunjungi ialah Peterhof Palace. Istana yang berada di Razvodnaya Ulytsa ini akan mencuri perhatian Anda dengan gaya arsitektur percampuran Baroque, klasik, gotik, dan revival. Istana ini juga dilengkapi dengan taman dan air mancur yang sangat indah. Russian Versailles, nama ini menjadi julukan bagi Peterhof Palace yang menggambarkan dua sisi antara Barat dan Timur.

Istana Marble

Keindahan lain juga terdapat pada Istana Marble yang terletak di pusat kota. Bangunan neo-klasik di kawasan Sankt Peterburg ini telah dibuka untuk para turis sejak 1785, dan telah berdiri tegak dengan megahnya hingga saat ini (sekitar emat abad). Keindahan istana ini tidak mungkin Anda lewatkan begitu saja, bukan?

Straganov Palace

Istana yang terletak di persimpangan sungai Moika dan Nevsky Prospekt ini menjadi pusat perhatian para wisatawan yang sedang bertandang ke Sankt Peterburg. Straganov dibangun dengan gaya arsitektur barok. Atas permintaan Baron Sergei Grigoyevich Stroganov, istana megah ini berhasil dibangun antara tahun 1753-1754. Anda dapat menikmati indahnya sunset dalam istana yang langsung menghadap sungai ini.

Sankt-Peterburg merupakan sebuah paket lengkap perjalanan Anda yang menyukai sejarah sekaligus merasakan perpaduan budaya Eropa Barat dan Eropa Timur. Sankt-Peterburg dapat menjadi jendela dua wajah, sehingga kota ini dapat menyimbolkan bahwa Rusia merupakan negara berkepala dua, sesuai dengan lambang negaranya.

Gerbang menuju Eropa Barat ini tengah menunggu Anda untuk disambangi. Keindahannya pasti membuai Anda untuk segera memesan tiket pesawat menuju St. Petersburg. Sesampainya di sana, bacalah artikel ini sebagai panduan Anda selama di kota tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di sana, dan dapatkan pengalaman baru selama berlibur. Do Svidanya!(Red)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru