oleh

Sebelum Shalat Jum’at. Bhabinkamtibmas Pondok Jaya. Sampaikan Pesan Moral Tentang Hoaxs

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Kapolsek Pondok Aren Kompol Yudho Huntoro menghimbau kepada sejumlah Bhabinkamtibmas, yang bertugas dikelurahan. Selain harus menciptakan situasi kondusif diwilayahnya masing-masing, Bhabinkamtibmas juga diminta untuk menyampaikan pesan terkait maraknya penyebaran berita bohong, fitnah atau biasa disebut hoaks.

Hal ini dilakukan Aiptu Rais Abin, sebelum melaksanakan Shalat Jumat di mesjid Jami Al-Ikhlas RT 02/03 Kelurahan Pondok Jaya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Dihadapan sejumlah jamaah Aiptu Rais menyampaikan, memasuki tahun politik, sepertinya isu hoaxs semakin merebak, Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah menerima berita berita yang belum jelas kebenarannya.

“Masalah penyebaran berita hoaks pun tak bisa dianggap sepele. Jika berita hoaks tersebut terus menerus diproduksi dan terus menerus dipercayai oleh publik sebagai berita ‘benar’, maka bukan tidak mungkin perpecahan kebangsaan akan terjadi, “ujarnya, Jumat (29/03/2019).

Selain itu Rais Abin, mengajak kepada jamaah yang hadir, untuk melaksanakan hak pilih dalam Pemilu mendatang yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang, “Kami menghimbau, jelang pesta demokrasi tetap tingkatkan kewaspadaan dan gunakan hak pilih ke TPS sesuai dengan pilihan masing- masing, “Kata Aiptu Rais Abin yang bertugas di Kelurahan Pondok Jaya.

Dijelaskan Kapolsek Pondok Aren Kompol Yudho Huntoro, jajarannya hingga kini terus melakukan sosialisasi mengajak masyarakat untuk mampu memfilter berita-berita yang didapat agar tidak terjerumus ke dalam berita hoaxs. Salah satunya dengan mensosialisasikan program Tiga ‘K’.

“Kita meminta kepada masyarakat, apabila menggunakan sosial media harus gunakan tiga ‘K’ agar terhindar dari berita hoaks. Tiga ‘K’ yaitu logika, estetika, dan etika,” kata Yudho, saat ditemui sejumlah awak media.

Yudho menambahkan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu melawan dan meredam penyebaran hoaks yang masif, “Gerakan melawan penyebaran hoaks telah dilakukan kepolisian, antara lain lewat edukasi pesan moral kepada masyarakat di setiap kesempatan melalui anggota Babinkamtibmas yang bertugas di 11 Kelurahan yang ada di Pondok Aren, “pungkasnya.

Baca juga :  Tim Herman Deru, Ajak Kontestan Lain, Berkompetensi Secara Fair

ABAH ADE/TRIS

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru