oleh

program One Day Service Akta Lahir di Desa Parung Panjang

BOGOR, KICAUNEWS.COM – Antusias warga Desa Parung Panjang, Kecamatan Parung Panjang datangi kediaman Kades Parung Panjang Nina Kurniasih, untuk mengikuti pembuatan akta kelahiran yang diadakan Desa Parung Panjang Kecamatan Parung Panjang bekerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Bogor secara masal, Kamis (28/03/19).

Diadakan kegiatan Akta masal untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi masyarakat Parung Panjang.

“Ini kegitan positif dan kami selaku kades sangat mendukung kegiatannya, apalagi ini merupakan progran One Day Service ( Pelayanan Satu Hari ) Terpadu Pemkab Bogor, “ungkap Kades Parung Panjang Nina Kurniasih.

Nina mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya jemput bola untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi dengan kata lain masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan akta di tingkat desa.

“ini adalah inisiatif Pemerintah Desa dibantu Pemerintah Kecamatan mengajukan kepada Disdukcapil agar bisa mengadakan pembuatan akta kelahiran secara masal, alhamdulillah di setujui, di respon dan ternyata terwujud, “ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Nina berharap warga masyarakat Desa Parung Panjang tertib administrasi dalam memiliki akta kelahiran dan menjadikan program inovasi dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dan bermanfaat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa jadi program lanjutan kedepannya, dan saya menghimbau bagi warga yang belum memiliki akta lahir untuk segera mengurusnya, baik itu buat anak yang baru lahir maupun yang telah dewasa. Karena, akta kelahiran sangat penting bagi setiap penduduk untuk dibutuhkan dalam berbagai urusan, “ujarnya.

Sementara itu pelaksana lapangan perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Bogor Yusuf mengatakan” Kami dari dinas Disdukcapil Kab Bogor melaksanakan pelayanan langsung satu hari ( one day service ) di desa Parung Panjang ini dengan kuota cetak Akta lahir yang telah di tentukan.

Baca juga :  Antisipasi Kelangkaan Gula Pasir, Mendag Lakukan Kungjungan ke Pasar Kaliwungu dan Pabrik IGN Kendal

lebih lanjut Yusuf Mengatakan ” Alhamdulilah berjalan lancar dengan 400 akta lahir yang tercetak untuk hari ini, sebisa mungkin kita usahakan yang sudah mendaftar hari ini akan kita jadikan hari ini juga karna ini kan pelayanan dalam satu hari”, ujarnya.

Semoga dengan kegiatan hari ini yaitu pembuatan Akta lahir Kepada Warga khususnya warga desa Parung panjang dapat lebih menertibkan dalam hal administrasi, jangan ketika sedang butuh kita baru repot urus sana urus sini”. Harapnya.

Salah seorang warga setempat, Ningsih mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan Program One Day yang diadakan Desa itu. Mengingat, ia tidak perlu mengeluarkan biaya besar dan jauh ke Pemda untuk mengurusnya.

“Selain praktis hanya verifikasi persyaratan antri sebentar jadi aktanya, juga ga perlu repot jauh harus ke cibinong mengurus akta kelahiran untuk saya sendiri, cepat lagi pembuatanya, “akunya.

Tris

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru