oleh

Diduga Lalai dan Melanggar Kode Etik, Ketua KPU Kota Bekasi Dilaporkan ke DKPP

Jakarta, Kicaunews.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menerima laporan dari warga terkait dugaan kelalaian ketua Komisi Pemilihan Pemilu (KPU) kota Bekasi dalam hal pengangkutan surat suara menuju gudang logistik yang menggunakan kendaraan (truk) bak terbuka yang tanpa pengawalan pihak kepolisian.

Warga Kampung Sawah, Harapan Jaya, Kota Bekasi bernama Amsar, melaporkan Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni ke DKPP dengan nomor 01-28/III/PP.01/2019 dan diterima Lukman selaku staf penerima pengaduan DKPP.

“Selaku calon pemilih dan warga negara, saya laporkan ketua KPU soal adanya indikasi pelanggaran kede etik,”  kata Amsar,  Warga Kp Sawah Harapan Jaya ini Kamis,” (28/03/2019) katanya di Gedung DKPP Jakarta.

Menurut dia, pelaporan ini dilakukan lantaran dirinya merasa kurang puas atas kinerja Ketua KPU Kota Bekasi selaku penyelenggara pemilu yang terkesan menyepelekan suara rakyat untuk pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Apalagi sebelumnya, lanjut dia, Bawaslu Kota Bekasi telah mengingatkan Ketua KPU saat membawa surat suara agar ditutup terpal tapi tidak diindahkan.

“Aduan yang kami layangkan karena ada kejanggalan pengangkutan surat suara, tanpa pengawalan polisi. ” tuturnya.

Sebelum ke DKPP, terangnya, dirinya juga telah melaporkan adanya indikasi kelalaian dan pelanggaran kode etik ini kepada Bawaslu Kota Bekasi pada Jumat 22 Maret 2019 kemarin.

Bilamana nantinya ditemui ada unsur pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPU, maka kami pun meminta DKPP untuk memproses dan mengusut tuntas dugaan pelanggaran ini.

“Kami minta, DKPP segera tindaklanjuti dan proses aduan kami. Jika ditemukan ada unsur pelanggaran, ya harus diberikan sanksi tegas,” ujar dia.

Kendati demikian, ia pun berharap, Pemilu 2019 bisa berlangsung dengan sukses, adil, damai dan bermartabat.

Baca juga :  DPRD Rapat Konsultasi Bahas Penolakan UU Omnibus Law, Polres Sukabumi Kota Siagakan Ratusan Personel

Sementara  Lukman, staf pengaduan DKPP RI ini mengatakan pihaknya tetap akan tetap memproses dan menindaklanjuti permasalahan tersebut.

“Nanti kita akan tindaklanjuti,” katanya usai menerima berkas laporan dari warga. (fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru